PKP

Sudah Rusak Sejak Tiba di TPS

TPS 17 Bengkong Sarmen Gunakan Kotak Suara Rusak untuk DPRD Kepri
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 17-04-2019 | 18:40 WIB
kardus-rusak-17.jpg honda-batam
Penampakan kardus (kotak suara) rusak di TPS 17 Bengkong Sarmen, Kota Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kotak suara untuk DPRD Kepri di TPS 17 Bengkong Sarmen, Kota Batam saat proses pencoblosan berlangsung menggunakan kardus rusak. Hal ini ketahuan saat warga melakukan protes karenakan kehabisan surat suara.

Pantauan di lokasi, pada saat penghitungan suara, terlihat kabel penutup kotak suara yang disegel mengunakan stiker logo Pemilu tersebut seharusnya tetap terpasang, namun tidak ada walaupun pihak panitia TPS belum menyentuh kotak tersebut.

Ketika ditanya kepada salah seorang petugas KPPS kondisi tersebut sudah memang seperti itu adanya. "Memang seperti itu dari sananya," kata salah seorang petugas KPPS di TPS 17 Bengkong Sarmen.

Sebelumnya, disaat bersamaan puluhan warga sempat melayangkan protes karena tidak bisa memilih. Mereka mengancam akan menahan kota surat suara tersebut sampai bisa memilih.

Setelah sempat tertahan selama satu jam lebih, warga yang masih belum mendapatkan hak pilihnya akhirnya menyerah, setelah petugas KPPS mendapatkan instruksi untuk melakukan penghitungan suara dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Editor: Gokli