Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas PUPR Anambas Pastikan Pembangunan Masjid Agung Rampung di Akhir 2019
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 20-03-2019 | 17:16 WIB
masjid-agung-anambas1.jpg Honda-Batam
Pembangunan Masjid Agung Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas optimis pembangunan Masjid Agung rampung sesuai per 31 Desember 2019. Pasalnya, saat ini pembangunan struktur telah mencapai 71 persen.

"Di tahun ketiga ini, capaian pembangunan struktur Masjid Agung telah mencapai 71 persen. Kita optimis, pembangunan Masjid Agung selesai sesuai kontrak (31 Desember 2019)," kata Kepala Bidang Bina Marga PUPR Anambas, Arman Simbolon, Selasa (20/3/2019).

Arman mengakui, untuk mendorong percepatan pembangunan Masjid Agung, pihaknya menyarankan kontraktor pelaksana untuk menambah tenaga kerja.

"Waktu optimal kita untuk mencapai 100 persen hanya 9 bulan lagi. Kami sering melakukan monitoring ke lapangan dan menyarankan kontraktor menambah tenaga kerja. Syukur saran itu dilaksanakan, mudah-mudahan pelaksanaan berjalan lancar dam sesuai target. Saat ini sudah 110 orang bekerja untuk pembangunan struktur dan finishing," jelasnya.

Arman menyinggung, pembangunan Masjid Agung merupakan proyek tahun jamak yang dimulai tahun 2017 lalu. Dimana tahap pertama dilakukan pematangan lahan dengan realisasi anggaran Rp 14 miliar. Dan tahap kedua pembangunan struktur dengan anggaran Rp 25 miliar. Dan tahap ketiga atau finishing pembangunan struktur alokasi anggaran mencapai Rp 25 miliar.

"Total anggaran keseluruhan mencapai Rp 67,5 miliar. Tetapi di tahap pertama alokasi Rp 17,5 miliar, yang terserap hanya Rp 14 miliar. Pembayaran dilakukan sesuai dengan volume pekerjaan. Tahap kedua sudah teralisasi juga sebesar Rp 25 miliar, dan tahap ketiga masih proses," jelasnya.

Sementara Ketua Tim Pengamanan Pembangunan dan Pemerintah Daerah, Juli Isnur mengaku proses pembangunan Masjid Agung masih berjalan sesuai prosedur. "Kita juga mendorong kontraktor agar proyek ini selesai tepat waktu," ucapnya singkat.

Editor: Yudha