Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Youth Town Hall - XL Future Leaders 2019

Dorong Mahasiswa Aceh Bersiap Masuki Revolusi Industri 4.0
Oleh : Redaksi
Selasa | 19-03-2019 | 08:04 WIB
xl-yout.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Radhi Hersemiaji Kartowisastro, CEO & Co-Founder Sensativ, Andy Satrio Yuddho, Head Sustainability & Comms Services, Boy Wicaksono, Head of IoT Innovation XL Axiata. (XL Axiata)

BATAMTODAY.COM, Banda Aceh - Perkembangan ekonomi digital mengalami kenaikan yang signifikan. Pemerintah meyakini kontribusi ekonomi digital pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) akan terus meningkat.

Awal Desember 2018 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kontribusi ekonomi digital pada PDB cukup signifikan, yaitu sekitar 8,5 persen. Saat ini, keseharian sebagian masyarakat Indonesia hingga pelosok daerah tidak bisa dilepaskan dari pemanfaatan sarana digital, seiring dengan semakin meluasnya digitalisasi di berbagai industri dan aktivitas perekonomian.

Guna lebih mengenalkan dinamika ekonomi digital di Indonesia serta korelasi dengan peluang karir di masa depan bagi anak-anak muda Indonesia, PT XL Axiata TBK (XL Axiata) melalui program XL Future Leaders menggelar acara 'Youth Town Hall 2019' di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (18/3/2019).

"Sesuai program XL Future Leaders, kami perlu mengenalkan lebih jauh mengenai perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama para mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja dan mengembangkan potensi dirinya. Melalui acara ini kami sekaligus mendorong mahasiswa Aceh untuk tidak ragu berkarya dan memajukan industri digital nasional. Dengan demikian, mereka pun akan memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi digital nasional yang menjadi tumpuan ekonomi Indonesia di masa depan," kata Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, dalam siaran persnya.

Youth Town Hall ini antara lain bertujuan menyiapkan anak-anak muda Indonesia, sekaligus meningkatkan potensi mereka sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era Revolusi Industri 4.0. Dengan demikian, mahasiswa akan bisa menyiapkan dirinya menghadapi tantangan yang ada di era digital, baik untuk berkarir sebagai tenaga profesional maupun mengambil langkah sebagai pelaku bisnis.

Dalam acara yang dirancang interaktif ini, mahasiswa bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pembicara yang telah memiliki pengalaman cukup banyak di industri berbasis teknologi digital.

Tampil sebagai pembicara utama di acara bertema 'IoT as Now Solution to Make Life Easier' ini Head of IoT Innovation XL Axiata, Boy Wicaksono, akan berbicara mengenai revolusi industri 4.0 serta mengenalkan apa itu Internet of Thing (IoT), juga contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga akan dipaparkan mengenai laboratorium IoT milik XL Axiata yang bernama 'XCamp', laboratorium IoT pertama di Indonesia, dan program-program untuk memfasilitasi anak-anak muda dalam mengembangkan IoT.

Satu lagi pembicara adalah Radhi Hersemiaji Kartowisastro, seorang anak muda yang saat ini sedang merintis bisnis IoT sekaligus CEO & Co-Founder Sensativ, salah satu perusahaan penyedia solusi IoT di Indonesia.

Tri Wahyuningsih menambahkan, melalui workshop tersebut para peserta akan memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai revolusi industri 4.0 dan IoT sehingga membuka wawasan mereka terhadap masalah teknologi di masa depan. Harapannya, wawasan baru itu akan mendorong mereka untuk berkarya di bidang teknologi IoT yang belum banyak dieksplorasi dan bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Aceh terpilih sebagai kota pertama penyelenggaraan Youth Town Hall dengan pertimbangan potensi dan antusiasme mahasiswa Kota Serambi Mekah terhadap perkembangan dunia digital. Mahasiswa dan anak muda Aceh tidak sedikit yang telah memanfaatkan sarana digital untuk mengembangkan bisnisnya. Acara ini diikuti sekitar 300 peserta mahasiswa dari berbagai kampus di Banda Aceh dan kota-kota di Provinsi Aceh.

XL Future Leaders

XL Future Leaders adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan.

Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta. Para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program XL Future Leaders dapat mengikuti seleksi dengan melakukan registrasi secara online via website join.xlfutureleaders.com mulai 1 Maret dan akan berakhir pada 30 Juni 2019. Peserta yang lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Juli 2019 dan akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Tertulis yang diadakan secara online pada bulan Juli.

Untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, syarat untuk menjadi peserta XL Future Leaders adalah mahasiswa tahun pertama dan kedua atau masuk semester pertama sampai keempat, dengan jurusan baik dari rumpun ilmu eksakta maupun ilmu sosial. Program XL Future Leaders ini terbuka untuk semua jurusan karena kurikulum yang diajarkan lebih mengedepankan penguasaan peserta atas berbagai soft skills yang bertumpu pada kemampuan dalam komunikasi yang efektif, kemampuan mengelola perubahan, serta inovasi dan kewirausahaan.

Soft skills yang diajarkan tersebut akan membekali kemampuan para alumni untuk mampu antara lain beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan segala kegiatan di dalamnya. Mereka akan mudah untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif, juga berpikir secara kritis. Kurikulum yang diterapkan juga sejak awal, sudah dirancang dengan menyesuaikan pada perkembangan era digital hingga beberapa tahun ke depan.

Dengan demikian, diharapkan apa yang diajarkan juga akan tetap relevan untuk diaplikasikan di masa ketika digitalisasi semakin mempengaruhi berbagai sisi kehidupan.

Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XLFL setelah lulus dalam test online adalah Leaderless Group Discussion (LGD) dan Interview, yang akan diadakan pada bulan Agustus hingga September 2019. Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XLFL angkatan ke-8, akan diumumkan pada bulan Oktober 2019. Pengumuman kelulusan dari setiap tahap seleksi akan disampaikan melalui website resmi www.xlfutureleaders.com dan media sosial XLFL (Instagram: @xlfutureleaders, Facebook: XL Future Leaders).

Editor: Gokli