PKP

Kawasan Industri Batamindo Mendadak Diselubungi Asap, Ini Penyebabnya
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 16-03-2019 | 15:40 WIB
kebakaran-mukakuning1.jpg honda-batam
Kebakaran hutan lindung di Kawasan Mukakuning. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning mendadak diselimuti asap, Sabtu (16/3/2019). Hal itu agak mengganggu jarak pandang.

Sekitar pukul 12:30 WIB, dari kejauhan di dekat area Rusunawa Pemko, lewat waduk air Mukakuning, kawasan itu terlihat mulai diselubungi asap. Kawasan yang di keliling oleh beberapa titik hutan lindung ini, mengalami dampak kebakaran hutan di sekitaranya.

Asap tipis hasil pembakaran hutan tersebut, cukup memengaruhi jarak pandang pengendara. Hal ini diucapkan oleh Dewi, salah seorang pekerja di kawasan industri Mukakuning.

"Cukup memengaruhi jarak pandang bang, mungkin dampak dari kebakaran hutan di sekitar kali ya," ujarnya.

Saat ini terdapat tiga titik kebakaran hutan di sekitar area kawasan Mukakuning. Pertama di area dekat waduk air Mukakuning, lahan hutan terlihat baru terbakar, ke-dua di sekitar hutan di belakang area dormitori (rusun pekerja) arah ke blok Q kawasan industri Batamindo. Api terlihat mulai berkobar membakar hutan, yang di duga adalah cara oknum tertentu untuk membuka lahan.

Ke-tiga adalah di area kawasan hutan lindung Duriangkang, diperkirakan kebakaran di area ini cukup parah.

Menurut data yang di dapat dari Herman, Humas Manggala Agni Batam, hutan lindung yang terbakar seluas 7 hektar dan cukup banyak menyumbang polusi asap di sekitar kawasan indusri Batamindo.

"Kebakaran diduga seluas 7 hektar area, terjadi sedari pukul 10 pagi ini, dan sampai sekarang masih kita optimalkan pemadaman," ungkapnya.

Editor: Yudha