PKP

Berada di Anambas Serasa di Raja Ampat, Danrem Gabriel Lema Kagum
Oleh : Fredy Silalalhi
Jumat | 15-03-2019 | 10:56 WIB
anambas1.gif honda-batam
salah satu destinasi wisata Anambas. (Foto: fredy).

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kabupaten Anambas memiliki alam yang indah. Melihat pulau-pulau dan keindahan alam Anambas, ke depannya diyakini mampu menjadi daerah tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Ucapan tersebut dilontarkan Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, saat mengawali pidatonya dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VI tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, Kecamatan Siantan, Kamis (14/3/2019) malam.

Nurdin, juga sepakat dengan kekaguman Danrem O33/Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Gabriel Lema, saat melihat keindahan Anambas dari udara.

"Saat di pesawat tadi, Pak Danrem terbangun dan melihat keindahan pulau-pulau Anambas ini. Pak Danrem langsung bilang, seperti di Raja Ampat. Saya juga ingin mengatakan itu, tapi sudah didahului oleh Pak Danrem," ujar Nurdin.

Nurdin optimis, Anambas bisa menjadi daerah tujuan wisatawan lokal maupun internasional. Karena Anambas telah mempunyai daya jual, namun harus diiringi dengan upaya pengembangan dari pemerintah.

"Anambas ini sudah punya modal (keindahan alam), tinggal dari pemerintah saja untuk mengembangkan. Dan saya sudah mengajukan penambahan runway Bandara Letung hingga 2600 meter kepada Kemenhub. Tujuannya untuk meningkatkan konektivitas," jelasnya.

Sebenarnya lanjut Nurdin, banyak pejabat tinggi Kepri yang ingin ikut ke Anambas. Namun, kendalanya keterbatasan transportasi.

"Saya sudah pesan kepada maskapai untuk hari ini pesawat tiga kali berputar, agar pejabat tinggi Kepri bisa ikut ke Anambas. Namun, maskapai menyebut penerbangan hanya satu kali. Mungkin ke depan frekuensi penerbangan bisa ditambah, agar memudahkan wisatawan," jelasnya.

Nurdin juga berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, agar meningkatkan promosi bidang pariwisata, dan melakukan pengembangan sektor wisata. Dengan tujuan untuk menambah daya pikat wisatawan agar berkunjung ke Anambas.

"Jaga dan lestarikan alam. Jaga juga kebersihan lingkungan, lakukan pengembangan agar wisatawan lebih terpikat dengan pesona Anambas. Saya yakin Anambas akan ramai dikunjungi," jelasnya.

Terpisah, Danrem O33/Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Gabriel Lema, menegaskan agar semua elemen berupaya mengangkat potensi daerah.

"Anambas ini memang bagaikan mutiara, mari kita jaga dan ayo berupaya mengangkat potensi daerah ini. Begitu juga dengan budaya, jangan sampai pudar," jelasnya.

Sekedar informasi, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Anambas, bisa menggunakan pesawat dari Tanjungpinang setiap harinya pada pukul 12:00 WIB. Selain itu, bisa juga melalui Bandara Hang Nadim, Batam yang memiliki frekuensi penerbangan 4 kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Untuk lebih hemat lagi, wisatawan bisa memanfaatkan transportasi laut (feri cepat) pada hari Senin dan Jumat melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Serta, juga KM Bukit Raya (Pelni) yang terjadwal sesuai kalender Pelni.

Apabila menggunakan transportasi laut, harus sabar menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam menggunakan feri cepat, dan 16 jam menggunakan KM Bukit Raya.

Yakinlah, kelelahan dalam perjalan akan terbayarkan ketika melihat keindahan alam Anambas. Karena Anambas yang terdiri dari gugusan pulau menyuguhkan pemandangan yang indah.

Editor: Chandra