Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapat Konsolidasi IKA Unilak, Nurdin Minta Alumni Satukan Komitmen Membangun Daerah
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 11-03-2019 | 17:40 WIB
gub-alumni1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rapat Konsolidasi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unilak. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unilak, H.Nurdin Basirun meminta semua jajaran civitas akademika mahasiswa, khususnya alumni untuk bersama berkomitmen membangun Daerah.

Nurdin mengatakan, banyak cara-cara positif yang bisa dilakukan untuk kemajuan daerah.

"Kita tidak hanya bicara Kepri, namun juga Riau sebagai Keluarga besar IKA unilak, kebersamaan merupakan kekuatan dalam mencapai tercapainya visi besar daerah kedepan," ujar Nurdin saat memimpin Rapat Konsolidasi Pengurus Pusat IKA Unilak di Gedung Dang Merdu, Pekanbaru, Ahad (10/3/2019).

Dalam rapat tersebut tampak hadir Rektor Unilak Dr Hj Asnati, Para Wakil Rektor, Dekan, seluruh civitas Akademika, Dewan Penasehat IKA Unilak serta para staf pengurus IKA Unilak periode 2019-2023

Setelah dilantik awal Februari lalu, Rapat Konsolidasi ini merupakan kali pertama dilakukan Nurdin selaku Ketua IKA Unilak beserta jajaran kepengursan guna membahas strategi dan program-progam kerja yang akan di gagas kepengurusan IKA Unilak dalam jangka lima tahun kedepan.

Gubernur Nurdin menambahkan bahwa kesibukan dirinya yang bekerja dari subuh kembali ke subuh merangkai pulau-pulau di Kepri selain kewajiban sebagai Kepala Daerah dalam merajut aspirasi dan menjawab kebutuhan masyarakat juga merupakan bentuk menjalankan amanah sebagai Ketua Umum IKA Unilak.

"Kita tentu ingin kader kepemimpinan kedepan dapat berjalan baik, maka kita wajib memberi contoh teladan apalagi bekerja untuk masyarakat maka turun kelapangan untuk menyelesaikan persoalan dan menjawab kebutuhan masyarakat merupakan keharusan," lanjut Nurdin.

Dalam rapat konsolidasi tersebut, sejumlah masukan datang seperti dari Wakil Ketua Rektor I Dr Junaidi yang mengharapakan agar keberadaan para ikatan alumni berserta kegiatannya dapat membantu meningkatkan akreditasi universitas maupun fakultas yang ada di Unilak.

Kemudian, Wakil Rektor III Dr Eddy Asnawi pun berharap agar ikatan alumni dapat mempromosikan Unilak sehingga menarik minat banyak generasi-generasi muda baru yang beramai-ramai mengeyam pendidikan di Unilak serta Alumni juga diharapkan memikirkan pula pemanfaatan gedung serba guna agar lebih optimal.

Selanjutnya, Tokoh Masyarakat Kepri H Huzrin Hood juga memberikan pendapatnya agar dalam kegiatan kampus juga dimasukan sejumlah program-program keagamaan.

Secara umum, Nurdin merespon positif setiap masukan yang didapat pada rapat konsolidasi ini, kepada semua alumni pun diharapkan dapat berkomunikasi aktif dengan jajaran rektorat juga sesama alumni jika memiliki Ide dan masukan yang baik.

"Tentu kita mengakomodir setiap masukan yang ada sbeagia bahan pertimbangan dalam merumuskan setiap program kerja," katanya.

Terkait Gedung Serba Guna dan Promosi, menurut Nurdin menjadi tugas bersama setiap alumni dengan semagat gotong royong dan kebersaman diharapkan menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan itu.

Terutama di era modernisasi saat ini, civitas akademika diharapkan Nurdin dapat terus menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi para mahasiswa generasi penerus bangsa, memberi movitasi dan dorongan kepada mereka selama masa perkuliahan.

Rapat Konsolidasi sendiri selesai digelar hingga pukul 23.00 wib dan berlangsung dengan penuh kekeluargaan karna terjadi dialog dengan feedback positif serta intensif antara Gubernur selaku Ketua Alumni bersama Rektor beserta jajaran.

Sebelum dimulainya rapat, di tempat yang sama Gubernur Nurdin melakukan penandatanganan MoU dengan Pimpinan Bank Riau Kepri tentang Pengelolaan Rekening Kas Daerah Provinsi Kepri.

Editor: Yudha