Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Pesawat Tempur TNI AU Gelar Patroli Rutin di Kepulauan Riau
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 19-02-2019 | 18:04 WIB
pesawat-tempur1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dua peswat tempur melakukan patroli rutin di daerah Kepulauan Riau. (foto: Roland).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 2 unit pesawat tempur Hawk 100/200 milik TNI AU dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru melaksanakan patroli udara dalam rangka pengamanan wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 termasuk wilayah Kepulauan Riau, Selasa(19/2/2019).

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan dalam mengamankan wilayah ALKI 1. Dengan sasaran, pengamanan wilayah udara maupun laut dari segala bentuk pelanggaran yang terjadi, baik terhadap pesawat asing yang melintas wilayah NKRI tanpa izin.

"Sehingga, kami siap untuk melakukan penindakan dengan cara intercept untuk pengusiran atau bahkan dipaksa untuk force Down," ujar Elistar.

Elistar menjelaskan, kegiatan ini flexible jadi tidak dibatasi mulai dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Operasi rutintersebut dilakukan selama diperlukan. Tujuannya, untuk memonitor mengamankan penerbangan-penerbangan yang berada di ALKI 1.

Lanud Raja Haji Fisabilillah turut mendukung operasi rutin tersebut dengan menyiapkan Crash Team, Penyediaan Fuel dan kebutuhan crew maupun pilot, Tim Pertahanan Pangkalan serta Tim Forcedown yang akan digunakan sewaktu-waktu terdapat situasi kritis.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Lanud RHF, Mayor Lek Wardoyo menambahkan, dalam beberapa pekan terakhir, ada indikasi terdapat pelanggaran yang dilakukan kapal asing di wilayah ALKI, terutama di perairan Kepri.

"Kami berkoordinasi dengan TNI AL. Seandainya ditemukan pelanggaran yang dilakukan di ALKI 1, kami sampaikan ke TNI AL," kata Wardoyo.

Menurutnya, bila ada pesawat asing yang masuk di wilayah NKRI, pesawat tempur tetap mencegah, dan melakukan pengamanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pesawat Hawk 100 dan Hawk 200 mendarat di Bandara Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang pada pukul 11.00 WIB. Sebanyak 150 personel dilibatkan dalam operasi tersebut.

Editor: Chandra