Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Pernyataan Sikap Masyarakat Tolak Penambangan Ilegal di Bintan
Oleh : Ismail
Senin | 18-02-2019 | 18:28 WIB
demo-bauksit1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Unjuk rasa masyarakat menolak penambangan ilegal di Bintan. (foto: Ismail).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Aliansi Peduli Pulau Bintan (APPB) menggelar unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang. Dalam juga secara tegas menyampaikan pernyataan sikapnya.

Adapun pernyataan sikap yang disampaikan, yaitu meminta Pemprov Kepri untuk meninjau ulang dan atau mencabut IUP OP yang dikeluarkan PTSP ke beberapa perusahaan yang diketahui melakukan penambangan secara ilegal dan tidak memedulikan dampak terhadap lingkungan

Kemudian, meminta pemerintah segera membentuk tim investigasi untuk meninjau aktivitas eksploitasi di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) dan Hutan Produksi Konversi (HPK).

Selanjutnya, meminta Pemprov Kepri dan aparat penegak hukum untuk menindak tegas oknum pegawai, oknum pemerintah, oknum legislatif, dan oknum aparat serta mafia tambang apabila kedapatan melakukan dan atau bersama-sama melakukan penambangan di Bintan, hingga menyebabkan kerugian negara.

"Kami juga meminta Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan bertanggung jawab penuh terkait kejadian penambangan di Bintan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral Provinsi (ESDM) Kepri, Amjon mengaku, tidak mengetahui perihal penambangan yang menyasar ke pemakaman atau situs-situs sejarah di Bintan.

"Kami tidak tahu-menahu soal itu. Belum dapat laporan," ucap Amjon, Senin (18/2/2019).

Kendati demikian, Amjon berjanji akan menerima serta menindaklanjuti seluruh aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, khususnya di Bintan.

"Kami juga mengimbau jika warga mengetahui ada oknum pemerintah, legislatif, penegak hukum maupun mafia tambang yang terlibat penambangan. Silahkan lapor ke pihak berwajib, agar diproses sesuai hukum yang berlaku," sebutnya.

Sebelumnya, sejumlah organisasi yang mengatasnamakan Aliansi Peduli Pulau Bintan (APPB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Pulau Dompak, Senin (18/2/2018).

Dalam aksi tersebut, para pengunjuk rasa mempersoalkan aktivitas pertambangan yang cukup meresahkan masyarakat di Kabupaten Bintan.

Editor: Chandra