Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

Rusak Meja TPS, Dua Pemuda di Bintan Diamankan Polisi
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 16-02-2019 | 13:28 WIB
dua-pemuda-diamankan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Simulasi pengamanan pemilu 2019 di TPS di Mapolres Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dua orang pemuda di Bintan menerobos masuk dan merusak meja tempat pemungutan suara (TPS).

Kericuhan ini terjadi, akibat keterlambatan kedua pemuda ini, saat ingin memberikan hak suaranya. Karena saat itu waktu pencoblosan sudah usai, keduanya tidak lagi diberikan izin oleh petugas.

Namun, hal itu justru memancing emosi kedua pemuda tersebut. Hingga akhirnya nekat membuat kericuhan, dengan merusak salah satu meja TPS. Beruntung anggota Polres Bintan dengan sigap mengambil tindakan, dan mengamankan kedua pemuda tersebut.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan ini merupakan simulasi, mengantisipasi adanya kericuhan saat Pemilu 17 April 2019 mendatang.

"Jika nanti tiba hari H nya, kita tidak canggung lagi menghadapi segala macam gangguan. Namun saya yakin masyarakat Bintan pasti dapat bekerjasama, dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif," sebut Boy di Halaman Mapolres Bintan, Sabtu (16/2/2019).

Sementara itu, Ketua KPUD Bintan, Ervina Sari mengatakan simulasi ini guna memantapkan petugas dalam mencegah gangguan khamtibmas saat Pemilihan Umum serentak 17 April 2019, di TPS.

"Ada banyak hal akan dipelajari dalam simulasi ini. Diantaranya, estimasi waktu dibutuhkan untuk mencoblos lima lembar surat suara, yakni, surat suara Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD tingkat Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," ujar Ervina.

Editor: Yudha