Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Surat Suara untuk Pemilu 2019 Sudah Tiba di Karimun
Oleh : Wandy
Sabtu | 16-02-2019 | 10:40 WIB
surat-suara-karimun.jpg Honda-Batam
Proses penyimpanan surat suara Pemilu 2019 di gudang KPU Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun kembali menerima surat suara Pemilu 2019. Kali ini merupakan surat suara untuk Pilpres serta DPRD Kabupaten Karimun, di mana memang sebelumnya untuk DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi sudah tiba terlebih dahulu.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, surat suara untuk pemilihan Presiden dan pemilihan DPRD Kabupaten Karimun sudah tiba pada Jumat (15/2/2019) sekira pukul 00.00 WIB dan langsung dibawa ke gudang logistik KPU yang terletak di Jalan Pertambangan, Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing.

"Untuk surat suara pemilihan Presiden dan DPRD Kabupaten Karimun sudah tiba pada Jumat dini hari. Di mana surat suara tersebut langsung dibawa ke gudang logistik KPU tentunya dikawal langsung personel Polres Karimun, Brimob, KPU dan Bawaslu," kata Eko, Sabtu (16/2/2019).

Eko mengatakan, untuk surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 87 kota surat suara, sementara untuk DPRD Kabupaten Karimun berjumlah 357 kota surat suara.

"Surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 87 box. Sementara DPRD Karimun dibagi empat Dapil. Untuk Dapil satu ada 93 box, Dapil dua ada 39 box, Dapil tiga ada 109 box dan Dapil empat 116 box," jelasnya.

Eko mengaku, mengenai jumlah surat suara pihaknya belum dapat memastikan. Sebab kotak suara yang tiba bukan hanya satu ukuran saja, maka untuk memastikan berapa jumlah lembara surat suara pada saat proses penyortiran dan pelipatan nanti.

"Ini sesuai dengan DO per kotaknya. Sekarang baru berdasarkan luarnya saja, ada yang pecahan kotak besar dan kotak kecil yang isinya tidak full. Nanti waktu penyortiran dan pelipatan baru dapat diketahui jumlahnya," katanya.

Dia mengatakan, pada saat penyortiran nanti akan ketahuan apakah surat suara tersebut rusak atau jumlah tersebut telah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk pemilihan di Kabupaten Karimun.

"Nanti saat pelipatan kita rinci. Karena jika ada yang rusak dan kurang akan kita data. Nanti juga dibuatkan berita acaranya. Untuk penyortiran dan pelipatan setelah gudang logistik KPU di rapikan karena masih berantakan, maka setelah rapi baru kita schedule untuk sortir dan pelipatan," kata Eko mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tiba di Kabupaten Karimun melalui Pelabuhan Roro, Parit Rempak, Kecamatan Meral, Minggu (10/2/2019) sekira pukul 21.00 WIB. Seluruh surat suara tersebut sudah tiba di Karimun yang terdiri dari surat suara DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi Kepri, sedangkan pihaknya masih menunggu surat suara untuk Pilpres dan DPRD Kabupaten Karimun.

Editor: Gokli