Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Natuna Terima Distribusi Surat Suara Dua Ratus Ribu Lebih
Oleh : Kalit
Sabtu | 16-02-2019 | 09:40 WIB
gudang-kpu-natuna.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Surat suara untuk Pemilu 17 April 2019 disimpan sementara di Gudang KPU Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Distribusi surat suara dari KPU Provinsi ke Kabupaten Natuna telah sampai. Total kertas suara yang diterima KPU Natuna sesuai manifes pengiriman berjumlah 271.246.000 untuk Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019.

Keseluruhan surat suara telah disimpan di Gudang KPU Natuna, Jalan Pramuka-Ranai (Samping Kantor KPU Natuna) dengan pengamanan dari Polres Natuna dan anggota KPU Natuna.

Ketua KPU Natuna, Junaidi Abdilah menjelaskan, 60 hari menjelang pesta demokrasi pada tanggal 17 April 2019 nanti telah menyiapakan segala perlengkapan sesuai dengan tahapan yang direncanakan.

"Surat suara sudah aman di Gudang KPU dan dijaga 4 personel dari Polres Natuna dan 1 anggota KPU secara bergantian setiap harinya," ucap Junaidi kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (16/2/2019).

Masih kata Junaidi, tahapan selanjutnya, kertas suara akan disortir untuk mengetahui kerusakan ataupun kesalahan saat percetakan dan dilipat sebelum dibagi ke lokasi TPS (Tempat Pemilihan Suara).

"Minggu ke-4 Februari, surat suara akan disortir dan dilipat. Awal bulan April kertas suara dibagi untuk 227 TPS seluruh wilayah Kabupaten Natuna," ujarnya.

Untuk akomodasi penggiriman, KPU Natuna akan sewa mobil dan Pompong (perahu) membawa segala perlengkapan Pemilu ke setiap kecamatan di Kabupaten Natuna.

Sementara untuk membantu dalam penyortiran dan pelipatan kertas suara, KPU Natuna membutuhkan 50 orang relawan. Dalam pensortiran dan pelipatan kertas suara, KPU Natuna akan memberikan upah berdasarkan jumlah kertas yang disortir dan dilipat.

"Saat ini masih dikaji regulasi untuk biaya upah per lembarnya kertas suara yang akan dilipat," tutupnya.

Editor: Gokli