PKP

Mini Zoo Kijang Tinggal Sejarah, Bakal Disulap Jadi Taman Edukasi Anak
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 14-02-2019 | 09:16 WIB
perkim-bintan.jpg honda-batam
Skeretaris Perkim Bintan, Bayu Wicaksono saat menjelaskan rencana mengubah Taman Mini Zoo jadi Taman Edukasi Anak. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Taman Mini Zoo Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kabupaten Bintan, sepertinya benar-benar tinggal nama. Usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk mempertahankan kebun binatang itu belum juga menemukan titik terang.

Kepala Dinas Perkim Bintan, Juni Rianto melalui Skeretaris Perkim Bintan, Bayu Wicaksono menyampaikan pihaknya pada tahun 2018 lalu sudah melakukan studi kelayakan dengan pihak lembaga terkait. Namun, usaha untuk menghidupkan kembali, kebun binatang itu, belum ada tanda-tanda titik terang.

"Dari studi kelayakan yang kita lakakan, mereka mengatakan luas Mini Zoo 1,5 Hektar itu belum memenuhi standar. Selain itu, banyak lagi hal yang harus kita siapkan, agar Mini Zoo kembali beroprasi," kata Bayu, Rabu (13/2/2019).

Akhirnya, Pemkab Bintan melalui Dinas Perkim Bintan mambuat suatu perencaan. Agar taman Mini Zoo yang sudah ada itu, bangunannya tidak sia-sia. Maka akan disulap menjadi suatu wisata atau taman edukasi anak.

"Kita sudah buat perencanaannya, melihat dari letak Mini Zoo yang di sekelilinginya diapit dengan wisata Air Pancur, Wisata Religius dan lain sebagainya, kita akan buat Taman Mini Zoo menjadi taman bermain edukasi anak," ujar Bayu.

Jadi sambung Bayu, nantinya jika terealisasi di Taman Mini Zoo itu bakal banyak kolaborasi area bermain anak. Di antaranya lambirin, taman baca dan lain lain.

"Meski demikian untuk hewan tetap kita adakan, tetapi tidak seperti dulu. Di sini nanantinya anak-anak bisa mengenal unggas, seperti burung, kelinci dan unggas lainnya," terang Bayu.

Satu lagi, para penghobi burung berkicau, nanti akan disediakan tempat khusus di Mini Zoo. "Kita ketahui, saat ini penghobi kicau burung sangat banyak. Jadi kita akan bangun tempat khusus di Mini Zoo itu," kata Bayu Juni, bersemangat.

Terakhir, dia menambahkan, beberapa satwa di Mini Zoo masih ada. Warga masih bisa memanfaatkan waktu liburnya untuk bersantai bersama keluarga di taman itu.

"Kelinci, rusa, ikan, dan satwa unggas masih ada di Mini Zoo. Silakan datang kalau ingin bersantai," kata Bayu penuh harap.

Editor: Gokli