PKP

Pemkab Anambas Tunggu Petunjuk Teknis Pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat
Oleh : Freddy Silalahi
Rabu | 13-02-2019 | 18:58 WIB
pelabuhan-anambas.jpg honda-batam
Kondisi Pelabuhan Tarempa. (foto: fredy Silalahi).

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan.

Pasalnya, Desa Air Bini sudah memegang kelayakan dari hasil prastudi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

"Prastudi Kementerian Perhubungan sudah dilaksanakan. Hasilnya di Desa Air Bini layak dijadikan Pelabuhan bongkar muat. Kita juga mendorong agar pembangunan pelabuhan ini segera dibangun pemerintah pusat," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (13/2/2019).

Wan menerangkan, apabila pelabuhan itu dibangun di Air Bini, Pelabuhan Tarempa akan fokus dijadikan pelabuhan penumpang.

"Kalau pelabuhan bongkar muat sudah dibangun, maka Pelabuhan Tarempa akan difokuskan menjadi pelabuhan penumpang," terangnya.

Wan mengakui, aktifitas Pelabuhan Tarempa saat ini sudah tergolong padat, ditambah olah gerak juga terbilang sempit.

"Kalau KM Bukit Raya masuk, maka harus ada pergeseran kapal barang. Metode inilah yang terus dipakai sampai saat ini. Sehingga proses bongkar muat barang terbilang lama," jelasnya.

Wan menambahkan, ketika pembangunan pelabuhan dimulai, maka harus dibuat jarak dengan pemukiman. "Progres jangka panjangnya, kita harus buat jarak dengan pemukiman. Agar pengembangan pelabuhan nantinya tidak terganggu," tutupnya.

Editor: Chandra