PKP

Hari Kedua Pemadaman Kebakaran Hutan Tanjungriau, Water Bombing 11 Kali Diluncurkan dari Udara
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 13-02-2019 | 16:40 WIB
tim-pemadam1.jpg honda-batam
Tim pemadam kebakaran Manggala Agni daerah operasional Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran yang terjadi di hutan lindung Tanjung Riau sejak Minggu lalu terlihat sudah mulai berhasil dipadamkan setelah tim pemadam kebakaran menjatuhkan 11 kali water bombing (bom air) dari udara sedari pukul 08.00 WIB, Rabu (13/2/2019).

Kepala tim pemadam kebakaran Manggala Agni daerah operasional Batam, Ikhsan Abdillah mengatakan, timnya telah mengoptimalkan pemadaman dari udara sedari kemarin, dan hari ini telah dijatuhkan water bombing sebanyak 11 kali dengan total air sekitaran 11.000 liter.

"Kita telah kerahkan pemadaman dari udara dengan water bombing menggunakan Helikopter Bel-412 yang disewa oleh dinas UPT-KLHK di Pekanbaru," ujarnya di lokasi Dam BP di Sei Harapan.

Ia menjelaskan, proses pemadaman telah dilakukan selama empat hari, dimulai pada hari Minggu kemarin. Lamanya proses pemadaman dikarenakan akses mobil pemadam ke lokasi yang cukup sulit. Sehingga helikopter didatangkan untuk pemadaman lewat udara.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, meski terlihat titik api sudah tidak seperti kemarin di hutan lindung berupa bukit tersebut. Namun, masih ada terlihat beberapa titik asap dari kejauhan pada hutan yang diperkirakan terbakar seluas 30 hektar area itu.

"Sisanya akan dituntaskan oleh tim darat. Sementara helli kita istirahatkan dulu di bandara untuk antisipasi apabila ada kejadian lagi," jelasnya singkat.

Editor: Yudha