PKP

Permudah Perekaman Biometrik Haji, Lembaga VFS Kini Buka Cabang di Batam
Oleh : Hendra
Rabu | 13-02-2019 | 13:04 WIB
erizal_abdullah.jpg honda-batam
Erizal Abdullah, kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon jamaah haji dan umrah kota Batam kini tidak perlu lagi bersusah payah ke luar kota melakukan perekeman biometrik. Pasalnya, lembaga Visa Facilitation Services (VFS) Thaseel selaku agent yang ditunjuk oleh pemerintah Arab Saudi untuk mempermudah proses perekaman sidik jari dan retina telah tersedia di kota Batam.

Adanya lembaga tersebut cukup mempermudah calon jamaah haji dan umrah di kota Batam untuk menunaikan ibadah mereka, sehingga tidak perlu lagi mengantri panjang di bandara dan keluar kota demi keperluan proses keberangkatan.

Info yang didapat oleh pewarta BATAMTODAY.COM di lapangam, perekaman biometrik ini telah mulai diberlakukan sejak diwajibkan oleh pemerintah Arab Saudi pada musim haji tahun 2018 lalu, namun dikarenakan perekaman hanya tersedia di beberapa daerah seperti Pekanbaru, Padang, Jakarta, Surabaya dll. Hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi warga dari luar kota.

"Perekaman biometrik ini merupakan kebijakan langsung dari pemerintah Arab Saudi. Dengan adanya kebijakan tersebut proses keimigrasian untuk para calon jamaah haji dan umroh," ujar Erizal Abdullah, kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Batam, Selasa (12/02/2019) siang kemarin.

Erizal juga mengatakan, dengan adanya lembaga VFS Tasheel di Batam, maka jamaah haji dan umrah tidak perlu lagi keluar kota untuk melakukan perekaman. "Karena agent yang telah ditunjuk oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membuka cabangnya di kota Batam sejak tanggal 6 Februari lalu," jelasnya.

Lokasi agent ini kata Erizal berada di Jalan Sriwijaya, di belakang kantor Pos Pelita, Kec. Lubukbaja. Dimana ia menambahkan, bagi para calon jamaah yang akan melakukan perekaman, terlebih dahulu sudah memiliki jadwal pasti keberangkatan mereka.

"Baiknya ya sebelum melakukan perekaman biometrik, terlebih dahulu para calon telah memiliki jadwal pasti keberangkatan dari pihak travel, agar proses perekaman lebih mudah," pungkasnya.

Editor: Surya