PKP

Bank Riau Kepri Serahkan Bantuan CSR Ke Pemkab Karimun
Oleh : Wandy
Selasa | 12-02-2019 | 17:20 WIB
BPR-Karimun.jpg honda-batam
Penyerahan dana CSR oleh Bank Riau Kepri kepada Pemkab Karimun. (foto: Wandy).

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bank Riau Kepri menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun melalui program dana kemitraan CSR berupa 3 unit pickup dan 3 unit motor. Penyerahan dilakukan di Rumah Dinas Bupati Karimun, Selasa (12/2/2019).

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pemerintah merupakan kemitraan dari Bank Riau Kepri yang juga sebagai pemilik dan pemegang saham, untuk itu, pihaknya mendapatkan hak-hak melalui program yang telah disiapkan.

"Untuk pengadaannya dilakukan oleh Bank Riau Kepri dan kita hanya menerima dari mereka. Dimana hari ini, yang diberikan berupa tiga unit kendaraan roda empat berbentuk pickup dan tiga unit motor roda dua dengan total lebih kurang Rp1 miliar lebih. Untuk 3 unit pickup akan dibagi untuk pemukiman, Kecamatan Karimun dan Kecamatan Kundur. Sementara tiga motor diserahkan ke Dinas Sosial," kata Rafiq saat diwawancarai.

Dijelaskan, untuk sumbernya memang milik pemerintah Kabupaten Karimun yang diakumulasikan dari tahun 2012 sampai dengan 2016. "Lalu untuk 2017 masih ada hak kita sekitar Rp 190 juta sementara untuk di 2018 ini belum dilihat mungkin masih ada. Namun untuk 2019 ini kita kembali mengajukan apa yang menjadi kebutuhan kita saat ini," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M Akbar mengatakan, program kemitraan CSR di Bank Riau Kepri itu sudah berlangsung sejak 2012. Jadi sekarang sudah masuk tahun ke 7. Progam ini berdasarkan keputusan dari rapat umum pemegang saham dimana Pemkab Karimun sebagai salah satu pemegang saham atau pemilik dari Bank Riau Kepri.

"Jadi sudah diputuskan dari RUPS bahwa ada hasil dari pada laba perusahaan itu disamping deviden yang diberikan pemerintah selaku pemegang saham ada lagi namanya kemitraan CSR yang diberikan dalam bentuk barang dan ini yang kita berikan 3 unit pickup dan 3 unit motor yang diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat melalui pemerintah daerah," kata Denny.

Dijelaskan Denny, dana CSR kalau di Bank Riau Kepri ini secara keseluruhan jumlahnya Rp21 miliar pertahun. Namun itu tergantung dari usaha, apabila usahanya lebih besar lagi dan nasabah Bank Riau Kepri lebih banyak bertransaksi sehingga akan membuat bobot laba lebih besar lagi, tentunya sahamnya juga akan meningkat.

"Kalau yang kami berikan untuk Kabupaten Karimun ini bobotnya tergantung dari besar kecilnya pendapatan laba dari Bank Riau Kepri. Dan Alhamdulillah, kita mencapai Rp400 miliar lebih. Maka kami juga bersyukur didalam kondisi ekonomi yang tidak begitu baik, namun Bank riau Kepri masih bisa berkontribusi juga untuk pendapatan asli daerah" katanya.

Editor: Chandra