PKP

Warga Desa di Lingga Ini Bangun Masjid Megah Senilai Rp1 Milyar
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 12-02-2019 | 18:04 WIB
peletakan-batu-pertama-masjid.jpg honda-batam
Peletakan Batu pertama oleh Wabup Lingga, Muhammad Nizar. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Warga Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur akan membangun masjid megah senilai Rp 1 milyar dari dana cadangan desa dan swadaya masyarakat. Masjid ini nanti dibangun secara berkala dan ditargetkan selesai pada awal tahun mendatang.

Kepala Desa Sungai Pinang, Diyau Rusdi mengatakan, pembangunan masjid tersebut dilakukan mengingat kondisi masjid yang ada saat ini (Masjid Babussalam) sudah lapuk dan tua dimakan usia. Ditambah jama’ah yang terus meningkat dari tahun ke tahun mengharuskan dibangun secara besar.

"Ini yang menjadi alasan kita, karena merupakan pusat pemerintahan kecamatan jadi layaknya bangunan masjid yang agak lebih megah. Tapi butuh dukungan semua pihak," ujar Diyau kepada BATAMTODAY, Selasa (12/2/2019)

Untuk pengerjaan kata Diyau sudah dimulai pada Jum'at (8/2/2019) lalu dengan peletakan batu pertama oleh wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar secara langsung.

Menurutnya, pembangunan masjid tersebut akan selesai pada tahun 2020 setelah habis masa jabatannya sebagai kepala desa.

"Dana cadangan ini nanti pencariannya di akhir jabatan. Ada rekening tersendiri yang kami buat, jadi satu tahun itu Rp 200 juta dikali dua tahun, ada Rp 400 juta. Untuk sementara memakai dana swadaya dari masyarakat dulu," ujarnya

Sebelumnya pemerintah Desa Sungai Sungai pernah mendapat bantuan dana untuk merevitalisasi Masjid Babussalam (Masjid yang ada saat ini) dari Bank Riau Kepri (BRK) melalui Corporate Social Responsibility (CRS). Namun, karena ada beberapa kendala, dana tersebut akhirnya dikembalikan lagi oleh pihak BRK ke Kantor Pusat di Pekanbaru.

Editor: Dardani