Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manfaatkan Teknologi, Polres Bintan Pantau Kamtibmas Lewat Smartphone
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 23-01-2019 | 09:40 WIB
cctv-bintan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang saat menjelaskan penggunaan CCTV di titik rawan kejatahan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan punya terobosan baru. Saat ini, mereka sudah bisa memantau kejahatan jalanan lewat smartphone.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Polres Bintan mengambil kesempatan untuk mendukung kinerjanya dalam menjaga Kamtibmas. Di mana, sejumlah titik ruas jalan yang rawan kejahatan telah dipasang CCTV.

Kamera pengintai yang dipasang tersebut juga terhubung dengan smartphone Kapolres Bintan dan Tim Khusus yang telah ditunjuk untuk memantau rekaman CCTV tersebut.

"Dengan CCTV ini, saya rasa sangat membantu dalam memantau Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. Sekarang dengan handphone saja, kita sudah bisa memantau Kabupaten Bintan hampir keseluruhan," ucap Boy kepada BATAMTODAY.COM, Senin (21/1/2019).

Menurut Boy, langkah ini sangat baik, mengingat Kabupaten Bintan merupakan daerah yang terbilang luas dengan personil terbatas. Tidak cukup hanya mengandalkan anggota untuk melakukan patroli rutin, sehingga perlu adanya strategi lain dalam memberikan rasa aman terhadap masyarakat.

Pemasangan CCTV tersebut dimulai dari wilayah Bintan Utara. Tampak terlihat jelas dari layar mungil telpon genggam Kapolres Bintan itu, pintu masuk Pelabuhan Bulanglinggi di Tanjunguban dengan aktivitas keluar masuknya penumpang.

Merambah ke Kecamatan Srikuala Lobam dan seterusnya, hingga memenuhi titik rawan yang ada di seluruh Kabupaten Bintan. "Pokoknya kita berikan yang terbaik, untuk Bintan," kata Boy.

Editor: Gokli