PKP

Piala Adipura Pemko Tanjungpinang ke-14

Terima Piala Adipura dari Wapres, Syahrul Ucapkan Terima Kasih ke Petugas Kebersihan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 14-01-2019 | 19:40 WIB
24-tpi.jpg honda-batam
Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul saat menerima pila Adipura dari Wapres Jusuf Kalla disaksikan Menteri KLH, Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kota Tanjungpinang kembali memperoleh piala Adipura kategori Kota Sedang. Piala tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tanjungpinang Syahrul di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Atas penerimaan Adipura tersebut, Syahrul mengucapkan, syukur alhamdulillah dan berterimakasih pada seluruh OPD serta masyarakat khususnya petugas kebersihan Kota Tanjungpinang.

"Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah, kita kembali meraih piala Adipura, terima kasih kepada seluruh Kepala OPD dan semua masyarakat terkhusus para petugas kebersihan dengan semangat dan kebersamaan kita bisa meraih prestasi Adipura ini," ungkap Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, untuk mempertahankan prestasi ini cukup sulit, untuk itu perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat demi menjaga kebersihan, kawasan bebas sampah dan mencoba untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk berprilaku hidup ramah lingkungan.

"Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat bersinergi dalam menjaga kebersihan, pengelolaan sampah dan berprilaku hidup ramah lingkungan, karena mempertahankan prestasi ini cukup berat dan rumit memperolehnya," harap Syahrul.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Yuswandi mengatakan, proses penilaian Adipura ini terdapat penambahan yang mengharuskan setiap daerah memenuhi kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Setiap daerah harus memiliki dan membuat kebijakan strategis pengelolaan sampah daerah (Jakstrada) yang di dalamnya mengatur tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya, sehingga penyerahan Adipura 2018 ini terjadi keterlambatan karena penilaian sejak dilakukan pada bulan November 2017 hingga Desember 2018," jelas Yuswandi.

Dengan diperolehnya piala tersebut, terhitung sejak kepemimpinan mantan Wali Kota Tanjungpinang, Hj Suryatati A Manan; Lis Darmansyah hingga H Syahrul, sudah 14 kali Pemerintah Kota Tanjungpinang menerima piala Adipura.

Penghargaan tersebut sebagai lambang keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri, pembangunan berkelanjutan dan adanya kerja sama serta peran aktif masyarakat maupun pemerintah sehingga penghargaan tersebut kembali diterima.

Piala Adipura Diarak Keliling Tanjungpinang

Sebagai wujud kegembiraan atas diperolehnya piala Adipura, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan mengarak piala tersebut keliling kota pada Selasa (15/1/2019) siang, dengan rute Bandara RHF - Tugu Pesawat Nomed - (ke kiri) - Jalan Uban Lama - Simpang SPBU Batu 10 - (ke kanan) - Jalan DI Panjaitan - Gerbang Bintan Center lurus - Simpang Kota Piring Batu 7 - Simpang Batu 6 - (ke kiri) - Kodim Jalan A Yani - Basuki Rahmad - Wiratno - Simpang Tugu Motivasi - (ke kanan) - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Tugu Pahlawan/Meja 7 - simpang Jalan Sumatra - (ke kiri) - Jalan Riau - (ke kanan) - Jalan Agus Salim - Simpang Arsip - Anjung Cahaya dan selanjutnya akan finish di Gedung Gonggong.

Editor: Gokli