Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersinergi Tanggulangi Bencana Alam, Polres Bintan Gelar Rakor Lintas Sektoral
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 14-01-2019 | 18:53 WIB
1-rakor-b.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakapolres Bintan, Kompol Dandung Putut Wibowo saat memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam bersama sejumlah instansi terkait. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Maraknya bencana alam yang melanda Indonesia akhir-akhir ini, telah menjadi perhatian serius pemerintah. Mengingat Kabupaten Bintan memiliki wilayahnya yang sebagian besar merupakan lautan dan pesisir, hal itu tidak menutup kemungkinan akan berdampak terjadinya bencana alam.

Menyikapi kemungkinan terburuk yang bakal terjadi, Polres Bintan gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam yang dipimpin Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang melalui Wakapolres Bintan, Kompol Dandung Putut Wibowo, dengan melibatkan stakeholder yang ada di Kabupaten Bintan.

Instasi yang ikut dalam Rakor tersebut yakni Basarnas Tanjungpinang, Pangkalan Penjagaan Laut Pantai Tanjunguban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bintan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial serta para Kabag, para Kasatfung dan jajaran Kapolsek Polres Bintan.

Pada kesempatan itu, Dandung mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pola tindak apabila terjadi bencana alam di Kabupaten Bintan. "Kami mengharapkan adanya sinergitas antar instansi terkait, dalam menangani dan menanggulangi apabila terjadinya bencana alam di daerah kita. Setiap institusi atau stakeholder pastinya sudah memiliki standar operasioal prosedur masing masing," ujar Dandung, di Mapolres Bintan, Bintan Buyu, Senin (14/1/2019).

"Terkait dengan dilaksanakannya rakor ini, diharapkan kedepannya kita dapat mengadakan pelatihan penanggulangan bencana, agar setiap pemangku kepentingan mengerti dengan tugas dan kewajibannya masing masing," pinta Dandung.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut mendapatkan respon positif dari dari para pemangku kepentingan dan pada prinsipnya masing-masing stakeholder telah memiliki unit atau satuan tugas internal yang bekerja membantu dan menangani korban bencana alam serta telah siap sedia apabila dibutuhkan oleh Polres Bintan.

Editor: Gokli