PKP

Genjot Kunjungan Wisatawan, Dispar Batam Bakal Percantik Kawasan Jembatan 1 Barelang
Oleh : Nando Sirait
Senin | 14-01-2019 | 13:28 WIB
jembatan-barelang11.jpg honda-batam
Ikon Kota Batam Jembatan Barelang. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batam bakal mempercantik Jembatan 1 Barelang, yang merupakan ikon wisata Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiniwata sesaat setelah pelantikan yang dilakukan di lantai 4 Gedung Pemko Batam, Senin (14/1/2019) siang.

"Kenapa kita lakukan hal ini karena dari Kementerian Pariwisata, Batam memiliki target 2,4 juta kunjungan wisatawan untuk tahun 2019. Jadi untuk mewujudkan itu, kita harus kerja sangat ekstra di tahun ini. Untuk itu kita akan mempercantik ikon Batam ini," ujarnya.

Ardi melanjutkan, guna mewujudkan hal tersebut salah satu langkah yang akan dilakukan adalah membangun menara pandang di kawasan Jembatan 1 Barelang. Nantinya untuk proyek pembangunan tersebut, akan dilakukan dengan sistem lelang terbuka dan meminta masukan dari konsultan terkait letaknya.

"Untuk letaknya memang saat ini kita masih meminta masukan dari konsultan. Nantinya proyek akan dilakukan dengan sistem lelang terbuka," lanjutnya.

Mengenai total anggaran yang akan digelontorkan oleh Pemko Batam, Ardi menerangkan proyek tersebut diperkirakan akan menggunakan anggaran sebesar Rp2,3 miliar. Dimana anggaran tersebut merupakan anggaran yang telah dikeluarkan oleh pihak Kementerian, dan telah masuk ke dalam Anggaran Pedapatan, dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Tidak hanya itu, total anggaran ini juga akan digunakan untuk beberapa proyeksi lainnya seperti pengaturan perparkiran, dan juga pengaturan kios.

"Untuk perparkiran dan kios ini kita akan melakukan koordinasi dengan dinas dan stakeholder terkait. Intinya nanti Jembatan 1 akan mulai ditata kembali oleh Pemko Batam, dan good looking bagi para wisatawan mancanegara. Kita kan tahu sendiri saat ini kondisi disana itu seperti apa," paparnya.

Selain itu, demi menggenjot pertumbuhan pariwisata di Batam. Ardi mengaku telah mengagendakan sebanyak 114 event pariwisata.

"Untuk event ini bukan hanya agenda dari Pemko saja, tapi juga ada event yang bekerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi dan seluruh stake holder," tuturnya.

Editor: Yudha