PKP

Dinsos Catat Masih Ada 48.937 Jiwa Warga Miskin di Karimun
Oleh : Wandy
Senin | 14-01-2019 | 10:04 WIB
kadinsos-karimun.jpg honda-batam
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Syahruddin. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Setelah dilakukan validasi oleh Dinas Sosial tercatat 48.937 jiwa masyarakat miskin di Karimun pada Januari 2019 ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Syahruddin mengakatan, angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya di mana berdasarkan catatan sebanyak 55.123 jiwa masyarakat miskin di Karimun.

Ia juga mengatakan Dinsos Karimun telah mengirimkan data hasil validasi itu ke Kementerian Sosial RI untuk mendapatkan bantuan. Bantua yang akan diberikan nantinya berupa beras sejahtera, program keluarga harapan dan kesehatan.

"Untuk data masyarakat tersebut sudah kita kirimkan ke pusat, namun kita belum mengetahui berapa yang akan mendapatkan bantuan. Sebab yang dikategorikan miskin tersebut ialah mereka yang berpenghasilan kurang dari Rp300 ribu per bulannya," kata Syahruddin belum lama ini.

Di samping itu, dia juga mengatakan, pada Januari 2019 ini, untuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) serta Jaminan Kesehatan Daerah sudah tidak berlaku bagi masyarakat kurang mampu.

"Kita sudah mendata dan sudah kita kirimkan ke pusat namun kita belum mengetahui fasilitas apa yang akan digunakan masyarakat miskin untuk berobat, karena itu ada di ranahnya Dinas Kesehatan mereka yang lebih tahu, sebab kita hanya mendata saja," kata dia.

Saat ini, pihaknya hanya menunggu, apakah data tersebut terealisasi keseluruhan apa tidak, namun dirinya memastikan untuk SKTM dan Jamkesda sudah tidak lagi dapat digunakan.

"Itu yang menjadi kekhawatiran kita, maka saya harap masyarakat dapat menjaga kesehatan, karena sampai saat ini data yang kita kirimkan belum juga keluar," katanya.

Editor: Gokli