PKP

Kapolres Pimpin Evakuasi Lori Jatuh Kecebur di Pelabuhan Roro Tanjunguban
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 12-01-2019 | 10:16 WIB
roro-uban1.jpg honda-batam
Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang saat memimpin evakuasi truck material yang jatuh kelaut di Pelabuhan Roro Tanjunguban. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang memimpin evakuasi lori yang jatuh ke laut di Pelabuhan Roro Tanjunguban, Jumat (11/1/2019) pukul 19.15 WIB hingga Sabtu (12/1/2019) pukul 06.30 WIB.

Bagitu mendapat kabar ada truck fuso BP 8625 BY warna kuning yang tejatuh di Pelabuhan Roro Tanjunguban, peria yang menjabat sebagai Kapolres Bintan itu langsung datang kelokasi kejadian. Membantu mengevakuasi truck tersebut, agar tidak terjadi kelumpuhan di pelabuhan tersebut.

Berbagai upaya dilakukan, untuk mengangkat truk nahas itu dari dasar laut. Memerlukan waktu yang cukup lama, hingga akhirnya truk bermuatan material bangunan itu berhasil dinaikan ke darat. Raut wajah yang sebelumnya lesu, berubah menjadi senyum bahagia dari pria yang akrab disapa Boy itu.

Akhirnya, usaha Boy dalam memimpin mengevakuasi truk dari dasar laut tidak sia sia. Pelabuhan Roro yang nyaris lumpuh itu pun akhirnya dapat beroprasi kembali. Berkat koordinasi dan kerjasama yang baik, antara Polres Bintan, KPLP, Dishub, Pihak ASDP dan warga setempat.

"Alhamdulilah bisa juga truck diangkat keatas, ditarik menggunakan kapal tugboat. Kemudia diangkat menggunakan craine Kato, sekira pukul 06.30 WIB, dengan dibantu oleh KPLP, Dishub, Pihak ASDP dan warga setempat," ujar Boy saat di Pelabuhan Roro Tanjunguban, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Boy, jika truk fuso itu tak juga berhasil diangkat kedarat. Dikhawatirkan bakal terjadi kelumpuhan, atau pelabuhan tidak dapat beropsi, yang berujung dapat merugikan orang banyak.

"Ini satu satunya pelabuhan Roro, hanya ini yang menjadi harapan masyarakat untuk menyebarangkan berbagai barang dari Batam ke Bintan atau sebaliknya. Syukurla, akhirnya bisa dinaikan," kata Boy.

Sebelumnya diberitakan, truk muatan meterial BP 8625 BY jatuh ke laut, saat kapal Roro yang ditumpanginya hendak nyandar di Pelabuhan Roro Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 19.15 WIB Namun dalam peristiwa nahas itu, sang supir berhasil diselamatkan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun BATAMTODAY.COM di lapangan, lori nahas itu terjatuh saat hendak naik ke pelabuhan. namun apenya, ramdon yang menghubungi antar roro dan pelabuhan tidak kuat. Sehingga lori bersama supirnya, masuk kedalam laut.

"Mingkin beban yang terlalu berat, sehingga ramdonnya tidak kuat menahan. akhirnya lori pun nyemplung kelaut," ujar Amat saat ditemui di Pelabuhan Roro Tanjunguban, Jumat (11/1/2019).

Editor: Dardani