Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wagub Kepri Wacanakan Pengadaan Kapal Roro Tanjungpinang-Johor Bahru
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 10-01-2019 | 18:52 WIB
roro-kepri-malaysia.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wagub Kepri, Isdianto foto bersama Dirjen Hubla, Budi Setiyadi serta sejumlah stakeholder pengelola transportasi di Kepri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Gubernur Kepri, Isdianto mewacanakan pengadaan transportasi Kepri-Malaysia. Transportasi laut jenis Kapal Roro itu direncanakan akan melayani pelayaran Tanjungpinang-Johor Bahru.

Hal itu dikatakan Isdianto saat melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Kamis (10/1/2019). Pada kesempatan itu, Isdianto didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat ( BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, S Ajie Panatagama; Kepala Seksi Pengelolaan Perairan di luar Pelabuhan Dishub Kepri, Dwi Cahyo serta Ketua Organda Kepri, Syaiful.

Delegasi Kepri itu bertemu langsung dengan Dirjend Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Isdianto mengatakan, kunjungan dirinya dengan sejumlah stakeholder pengelola transportasi di Kepri itu dalam rangka membahas transportasi darat dan laut di wilayah Provinsi Kepri. Hal ini dirasa sangat penting, mengingat Kepri adalah wilayah kepulauan yang jarak tempuh dari pulau satu ke pulau lainnya sangat berjauhan, serta membutuhkan banyak transportasi laut berupa kapal penumpang maupun kapal barang.

Kepada Dirjend Perhubungan Laut, Budi Setiyadi, Isdianto dan rombongan menjelaskan, wilayah Kepri sangat luas dan terdapat banyak pulau didominasi oleh luasnya lautan seperti Pulau Natuna, Anambas, Lingga, Bintan, Karimun dan Batam. Setiap daerah di Kepri punya potensi alam yang luar biasa seperti bidang perikanan, pariwisata hingga pertanian.

Tetapi para petani di pulau-pulau memiliki masalah saat akan mengangkut hasil tangkapan dan perkebunan tersebut dikarenakan minimnya transportasi laut. "Konektivitas merupakan hal utama yang kita perhatikan di Kepri, terutama masalah transportasi. Baik jalan, pelabuhan, Bandara dan sebagainya. Konektivitas adalah untuk meningkatkan arus barang, orang dan uang dari satu tempat ke tempat lain. Dan ini harus kita gesa terus," kata Isdianto.

Dirjen Perhubungan Laut, Budi Setiyadi menyambut positif kunjungan Wagub Kepri dan rombongan, yang membahasa terkait upaya peningkatan jalur transportasi di Kepri. Demikian juga mengenai rencana transportasi Roro lintas negara yang menghubungkan Tanjungpinang-Johor Bahru, Malaysia.

Budi juga berjanji akan segera mengevaluasi apa yang menjadi recana Pemprov Kepri ini. "Mudah-mudahan pada anggaran 2020 nanti kita bisa membantu menambah armada laut di Kepri," ucapnya.

Budi juga mengatakan, jika tidak ada halangan dalam waktu dekat akan membalas kunjungan Wagub Kepri dan akan berkunjung ke Mepri, guna melihat lebih dekat dan jelas tentang kebutuhan transportasi laut yang dipaparkan rombongan Wagub Kepri.

Editor: Gokli