Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Literasi Media Ditutup

Edukasi Masyarakat Lawan Hoaks, Rahma Apresiasi AJI Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 17-12-2018 | 10:28 WIB
aji-literasi.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma foto bersama anggota AJI dan pemenang lomba swafoto sekaligus penutupan Literasi Media. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rangkaian kegiatan Literasi Media Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang resmi ditutup Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Minggu (16/12/2018).

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, kegiatan Literasi Media AJI Tanjungpinang merupakan wujud dedikasi organisasi jurnalis dalam mengedukasi masyarakat utamanya generasi muda untuk menangkal dan memerangi berita hoaks di media sosial.

Pemerintah Kota Tanjungpinang, kata Rahma, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Literasi Media yang dilaksanakan AJI melalui workshop dan talkshow kepada pelajar, mahasiswa dan umum. Semua itu terlaksana dengan pendanaan mandiri, anti proposal dan dana dari APBD.

Rahma juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi organisasi kewartawanan lainnya di Kota Tanjungpinang untuk melakukan kegiatan yang serupa.

"Mudah-mudahan organisasi yang lain juga dapat melaksanakan atau melakukan kegiatan yang seperti ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rahma juga berpesan kepada pelajar dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan, untuk menerapkan ilmu dan informasi yang diperoleh dari kegiatan workshop dan talkshow dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya ketika menggunakan media sosial.

"Untuk adik-adik mahasiswa kalau ada berita yang diterima, tolong di check fakta dan kebenaranya sebelum disebar. Adik-adik ini paling rajin di media sosial mungkin di Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya," pesan Rahma kepada pelajar serta mahasiswa yang hadir.

Ketua AJI Kota Tanjungpinang, Jailani berharap, seluruh rangkaian kegiatan Literasi Media dapat membangun kesadaran masyarakat Kota Tanjungpinang tentang bahaya laten hoaks.

AJI Tanjungpinang, tambah Jai, panggilan akrap Jailani, akan terus konsisten untuk memberikan pemahaman akan bahaya laten hoaks kepada masyarakat, pelajar dan mahasiswa. "Kegiatan Literasi Media yang dilaksanakan AJI Kota Tanjungpinang ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka. Tetapi AJI tetap memberikan pengetahuan yang nyata pada pelajar, mahasiswa dan masyarakat unum lainya," tegasnya.

Penutupan Literasi Media AJI Tanjungpinang juga dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba stand terbaik, lomba swafoto AJI Tanjungpinang, dan lomba swafoto bersama Polisi yang diselenggaran Polres Kota Tanjungpinang.

Literasi Media AJI Tanjungpinang digelar sejak Sabtu (15/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018). Selain menampilkan pameran media, kegiatan yang mengangkat tema 'Menangkal Bahaya Laten Hoax di Media' itu juga diisi dengan talkshow dan workshop.

Kegiatan ini sendiri melibatkan 25 media cetak, elektronik, dan online di Kota Tanjungpinang. Serta beberapa instansi dan organisasi seperti Polres Kota Tanjungpinang, Bawaslu Provinsi Kepri, KPU Provinsi Kepri, Dinas Informasi dan Komunikasi Tanjungpinang, Karang Taruna Provinsi Kepri pihak akademisi dan DPC Peradi Tanjungpinang.

Editor: Gokli