Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas Pangan Kepri Ingatkan Distributor Jangan Timbun Sembako
Oleh : Hadli
Rabu | 12-12-2018 | 09:04 WIB
rustam-dirreskrimum.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Reskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satgas Pangan Provinsi Kepri ingatkan distributor untuk berbisnis secara sehat. Hal itu perlu disampaikan agar masyarakat tidak menerima dampak dari kecurangan, penimbunan.

"Kepada distributor agar tidak menimbun barang kebutuhan pokok dan sekiranya dapat menambah pasokan untuk menghindari terjadinya kelangkaan dan pendistribusian bahan pokok," kata Ketua Satgas Pangan Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur, Selasa (11/12/2018).

Hal ini dikatakan Direktur Reskrimsus Polda Kepri usai rapat bersama instnasi terkait dalam agenda Rapat Koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri guna menjaga ketersediaan dan antisipasi kenaikan harga bahan pokok selama natal 2018 dan tahun baru 2019.

"Kami akan lakukan pengecekan secara berkala bersama instansi terkait dan melakukan tindakan penegakan hukum dan upaya hukum kepada distributor dan oknum yang terlibat dalam sindikat monopoli sembako," tegas Mansur.

Untuk saat ini, tambah Rustam, persediaan bahan pangan dan pokok selama natal 2018 dan tahun baru 2019 masih mencukupi. Hanya saja untuk wilayah Kabupaten Natuna, Lingga serta Anambas harga bahan poko dan pangan di sana di atas harga pasar.

"Kenaikan yang terjadi untuk tiga daerah tadi dikarenakan letak geografis yang jauh. Harga mengalami kenaikan karena pendistribusiannya menggunakan transportasi dari laut," ujar dia.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan teruz melakukan koordinasi dengan instanai terkiat seperti Disperindag, Bulog, BPOM, Bea Cukai, TNI, Dishub, Karantina untuk terus memantau kertersediaan bahan pangan dan stabilotas harga pangan.

Editor: Gokli