Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Laka Laut di Perairan OPL Timur, 11 ABK KM Makmur Diselamatkan Marine Police Singapore
Oleh : Hadli
Senin | 10-12-2018 | 12:40 WIB
laka-laut12.jpg Honda-Batam

PKP Developer

KM Makmur tenggelam setelah ditabrak Kapal Tanker Breeze di Perairan OPL Timur. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal berbendara Indonesia, KM Makmur ditabrak kapal Tanker Breeze asal Panama di Perairan OPL Timur atau sekitar 3 mil dari Pulau Nipah Provinsi Kepri.

"Kejadiannya Senin ini sekitar pukul 02.15 Wib, dini hari," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga, Senin (10/12/2018) pagi.

Dijelaskan, laka laut itu terjadi di perairan OPL Timur dengan koordinat N 01 11.41N panjang 103 37.74E pada 100115H Des 2018. 11 awak kapal telah diselamatkan oleh Marine Police Singapore dan dilaporkan bahwa 4 awak kapal mengalami luka serius, dan sekarang dibawa ke RS Daerah Tuas Singapore.

"Pada saat kejadian, anggota piket jaga Mako Ditpolarud Polda Kepri mendapat telepon dari Marine Police Singapore An.staf Sergeant Nipas yang memberitahukan bahwa telah menyelamatkan 11 Abk Kapal KM Makmur yang diduga ditabrak Kapal Tanker Breeze berbendera Panama. Semuanya dikabarkan dalam keadaan selamat," terangnya.

Kapal Tanker Breeze tersebut, tambah Erlangga dari arah Singapore mau menuju India melalui OPL Barat, sedangkan KM Makmur datang dari arah Singapore mau menuju Thailand.

"Diduga KM Makmir yang membawa sembako telah tenggelam dan Kapal Tanker Breeze yang telah diketahui identitasnya oleh Otoritas Singapore posisi terakhir sdh di Selat Malaka," ungkapnya.

Saat ini, Ditpolair Polda Kepri melakukan upaya berkoordinasi dengan Basarnas dan Lanal Batam untuk proses lanjut oleh Lanal Batam serta cek lokasi dan membantu proses Pemulangan Korban di Pelabuhan.

Editor: Yudha