Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Ketajaman Otak
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-12-2018 | 16:28 WIB
wanita-cerdas1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi wanita cerdas. (shutterstock.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Setiap orang ingin memiliki ingatan yang tajam dan kuat. Banyak cara untuk meningkatkan ingatan yang kuat dan tajam, misalnya dengan beberapa aktivitas yang melatih kemampuan dan bakat.

Membaca buku, koran, berita, jurnal dapat membantu melatih kepekaan otak, juga olahraga dan lain-lain. Ada beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa membantu meningkatkan daya ingat. Berikut 10 di antaranya.

1. Perhatikan makanan setiap hari
Untuk meningkatkan daya ingat otak, perhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Menjaga asupan nutrisi makanan untuk otak sebenarnya sangat mudah, cukup mengkonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan yang mengandung kandungan gula yang tinggi.

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya ingat adalah yang mengandung omega 3. Untuk mendapatkan makanan yang mengandung omega 3, kita bisa mengonsumsi ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan setiap hari.

2. Menjaga kualitas tidur
Untuk menjaga daya ingat agar tetap tajam dan kuat, kita harus tetap menjaga kualitas tidur. Tidur yang cukup minimal 6-8 jam setiap hari untuk mendukung kinerja otak. Tidur yang nyenyak dan berkualitas, bisa membantu mengoptimalkan daya kerja otak.

3. Hindari mengerjakan banyak pekerjaan (multitasking)
Multitasking terkadang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi buat yang memiliki segudang aktivitas. Namun, menyelesaikan pekerjaan dengan cara multitasking tidak bagus karena memiliki dampak yang negatif untuk kesehatan dan daya kerja otak sehingga jika terus-menerus melakukannya akan membuat tidak fokus terhadap suatu pekerjaan, bahkan tidak bisa mengingat salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan saat itu. Lebih baik fokuskan diri untuk mengerjakan satu pekerjaan saja yang membuat daya kerja otak dan ingatan menjadi lebih baik.

4. Menulis
Menulis merupakan salah satu aktivitas yang membantu daya ingat otak dan konsentrasi menjadi kuat dan tajam. Meskipun hal ini terlihat sangat mudah, menulis memiliki dampak yang positif untuk kinerja otak. Jika kita suka lupa dengan sesuatu hal, coba mengingatnya dan menulis di kertas atau laptop. Menulis akan mengalirkan oksigen menuju area otak sehingga apapun yang ditulis akan mudah diingat dibandingkan dengan tidak menulis. Menulis juga dapat membantu peningkatan kapasitas memori otak.

5. Menjalin hubungan sosial
Menjalin hubungan sosial sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Semakin sering menjalin hubungan sosial dengan masyarakat, otak pun menjadi lebih tajam. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi otak dan jantung yang baik berkaitan dengan hubungan keluarga yang baik serta hubungan sosial yang baik.

Kita bisa mencoba membantu orang yang membutuhkan bantuan, terutama lingkungan terdekat. Atau kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam suatu organisasi yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menambah jaringan pertemanan.

6. Mulailah hidup yang terorganisir
Mulailah menjalani hidup yang lebih terorganisir agar bisa mengurangi risiko kepikunan. Kita bisa mencoba untuk merancang kegiatan harian atau bulanan agar lebih fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai serta membantu daya kerja otak agar lebih teratur.

7. Jangan memikirkan hal-hal yang tidak terlalu penting
Terkadang kita memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal inilah yang bisa membuat sering lupa atau pikun karena selalu berusaha memikirkan hal-hal tersebut dan memperhatikan banyak hal yang tidak terlalu penting sehingga membuat kinerja otak menjadi berkurang serta konsentrasi pun bisa terganggu.

8. Makan permen karet setiap hari
Kelihatannya sangat sepele, namun bermanfaat untuk daya ingat. Banyak penelitan yang telah membuktikan, salah satunya di Inggris, yang membuktikan bahwa mengunyah permen karet setiap hari bisa membantu kualitas daya ingat. Ternyata aktivitas ini berkaitan dengan otak, terutama pada bagian hippocampus yang bisa meningkat jika sering mengunyah permen karet.

9. Menonton acara komedi
Ternyata menonton acara komedi selain bisa menghibur juga bisa membuat daya ingat menjadi lebih kuat. Tertawa juga dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu zat yang jika jumlahnya berlebih dapat merusak hippocampus.Karena itulah, tertawa memberikan dampak positif untuk seseorang, yaitu meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang.

10. Minum kopi
Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bisa meningkatkan daya ingat karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan retensi memori seseorang.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha