BICC Dapat Apresiasi Dunia Pariwisata Internasional
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 08-12-2018 | 11:40 WIB
BATAM-BICC.jpg honda-batam
Ketua Panitia BICC, Dendi Gustinandar (kiri). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Batam International Culture Carnival (BICC) yang diselenggarakan Asosiasi Karnaval Indonesia Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Badan Pengusahaan Batam, mendapatkan apresiasi dari dunia pariwisata Internasional.

Ketua Panitia BICC, Dendi Gustinandar mengatakan, saat ini ada ratusan wisatawan mancanegara yang akan hadir dalam event bertaraf internasional tersebut.

"Sampai saat ini wisman yang terundang dan melakukan konfirmasi 290 orang, dan 90 diantaranya berasal dari Korea Selatan," ujarnya, Sabtu (08/12/2018).

Kegiatan tersebut lanjutnya akan dilaksanakan pada Minggu (9/12/2018). Dendi menambahkan, pada 2017 saat pertama kali BICC dilaksanakan langsung mendapatkan apresiasi dari dunia pariwisata Internasional.

"Kita terus melakukan sejumlah kerjasama dengan koneksi kita di luar sana dan dalam kegiatan BICC tahun ini kurang lebih akan menarik ribuan kunjungan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri," lanjutnya.

Dendi berharap event tersebut menjadi ajang tahunan, sehingga dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Karnaval Indonesia (DPD Akari) Provinsi Kepri, Silvia Hilda Kusumaningtyas, mengatakan pada tahun ini BICC akan menampilkan lima budaya dari lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, India dan Tiongkok.

"Event ini kedua kalinya kita laksanakan bekerjasama dengan BP Batam dan BICC masuk 100 iven Wonderfull Indonesia yang masuk dalam kalender iven Kementerian Pariwisata di 2017, 2018 dan 2019," paparnya.

Silvia menambahkan kegiatan tersebut akan diikuti 300 peserta yang merupakan anggota DPD Akari Provinsi Kepri dari Kota Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dan Lingga.

"Jumlah pesertanya naik dua kali lipat dibandingkan tahun 2017 dan itu belum ditambah peserta dari luar Kota Batam dan luar negeri," ucapnya.

Tahun ini lanjutnya, BICC akan menampilkan kostum dengan beberapa tema. Diantaranya Wayang Nusantara, Suku Laut, Agroculture dan recycle. "Kita juga akan menampilkan artware carnival, kids carnival, fashion show dan fashion designer," ujarnya.

Silvia mengatakan peserta dari luar Kota Batam ada dari Jember Carnival, Solo Carnival dan Poso Tourism Carnival. "Ada juga dari Asosiasi Chongsam China yang akan hadir sekitar 20 orang dan dari India," tuturnya.

Menurut Silvia, setelah tampil di BICC tema wayang nusantara nantinya akan melakukan hal yang sama pada Chingay Festival di Singapura.

Event BICC 2018 ini, juga akan dihadiri Presiden sekaligus Ketua DPP Akari Jember Fashion Carnival, Bo Dynand Fariz. Kemudian Poso Torism Carnival, Ikatan Keluarga Bali, Seni tari Dangkong Melayu, Kompang, Tari Sumatera Barat, Top Model Berprestasi & Silhouette model Batam yang akan memperagakan busana Artwear dari Desainer dari Solo dan Batik Batam.

Caption : Ketua Panitia BICC, Dendi Gustinandar (Batik Hijau) dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Karnaval Indonesia (DPD Akari) Provinsi Kepri, Silvia Hilda Kusumaningtyas (Jilbab Merah) saat memberikan keterangan pers terkait BICC 2018.

Editor: Dardani