Mudik Natal dan Tahun Baru, Penumpang Mulai Padati Bandara Hang Nadim
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 07-12-2018 | 18:52 WIB
dir-bubu-hnb.jpg honda-batam
Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus mudik natal dan tahun baru 2019 di Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai terasa. Jumlah penumpang mulai meningkat di banding hari biasa.

Padatnya penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam ini meningkat signifikan khususnya pada akhir pekan.

Hal ini dibenarkan Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. Di mana, kepadatan mulai dirasakan sejak awal bulan Desember ini.

"Saat ini sejumlah maskapai tengah mempersiapkan diri menyambut libur akhir tahun. Melakukan perawatan airline di hanggar hingga mengajukan rencana ekstra flight," kata Suwarso, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Jumat (7/12/2018).

Meskipun armada pesawat menjadi berkurang, Suwarso menjelaskan, jika proses pelayanan kepada penumpang pesawat tidak terganggu. Hanya saja hal tersebut berimbas pada kenaikan harga tiket yang tidak lagi berada di ambang batas bawah.

"Pelayanan tidak akan terganggu, karena peningkatan belum signifikan, tetapi harga tiket mengalami sedikit kenaikan," ujarnya.

Untuk pengajuan ekstra flight sendiri, Suwarso mengatakan, baru ada maskapai Sriwijaya Air yang membuat usulan. Sriwijaya merencanakan penambahan satu penerbangan setiap harinya.

"Sriwijaya baru mengusulkan, rencananya terbang malam setiap harinya," lanjutnya.

Masih kata Suwarso, libur yang masih terbilang panjang ini membuat kondisi Bandara masih belum mengalami peningkatan terlalu signifikan. Kepadatan biasanya akan terasa tinggi pada H-10 natal nanti, saat itu biasanya semua maskapai sudah kembali dari perawatan dan siap melayani penumpang.

Untuk puncak arus pada natal ini, diperkirakan terjadi pada H-3, pada saat itu diperkirakan jumlah penumpang yang memadati Bandara yang berada di Kecamatan Nongsa ini diatas 9.000 orang setiap harinya.

Editor: Gokli