Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapkan Mantel dan Payung, Pulau Bintan Bakal Diguyur Hujan Selama Seminggu
Oleh : Ismail
Kamis | 15-11-2018 | 12:40 WIB
hujan-deras12.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprakirakan, selama sepekan kedepan wilayah Pulau Bintan akan diguyur hujan disertai petir dengan berintensitas sedang hingga deras.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Diana Cahaya Siregar menuturkan, kondisi terjadinya cuaca tersebut dipengaruhi oleh keberadaan pusaran siklonik di kawasan Pulau Sumatera. Sehingga, menyebabkan tarikan massa udara ke wilayah tersebut menjadi meningkat.

"Akibatnya terjadi perlambatan kecepatan angin dan berdampak pada penumpukan massa udara di wilayah Kepri pada umumnya. Inilah yang berpotensi menimbulkan hujan," ujar Diana, Kamis (15/11/2018).

Oleh karena itu, dirinya mengimbau agar masyarakat pengguna jalan raya terutama pengendara roda dua, diimbau berhati-hati ketika berkendara dalam keadaan hujan. Termasuk, menyiapkan peralatan jas hujan sebelum keluar rumah.

"Kita menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena kondisi jalan tentu licin dan jarak pandang pengendara jadi terbatas," tuturnya.

Selain itu, Diana juga menambahkan, kecepatan mata angin untuk arah tenggara-barat melaju hingga 5-30 km/jam. Hal ini mengakibatkan kondisi gelombang yang cukup kuat di Perairan Laut Kepri. Diantaranya, Bintan, Batam, dan Tanjungpinang berkisar 0.2-0.8 meter, Perairan Lingga berkisar 0.2-1.0 meter, serta Perairan Anambas dan Natuna berkisar 0.5-1.5 meter.

"Nelayan juga diharapkan tetap berhati hati saat melaut. Karena dikhawatirkan terjadi cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi sesaat," harapnya.

Editor: Yudha