PKP

Peringatan Hari Pahlawan 2018

Kapolda Kepri Minta Seluruh Personil Pertahankan Semangat Pahlawan
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 10-11-2018 | 11:52 WIB
kapolda-kepri-hari-pahlawan.jpg honda-batam
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Polda Kepulauan Riau, menggelar upacara di halaman Mapolda Kepri, Sabtu (10/11/2018) pagi. Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh Pejabat Utama Polda Kepri.

Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai inspektur upacara memimpin mengheningkan cipta. "Marilah kita maknai hari Pahlawan dengan baik, dalam konteks kekinian kita akan menemukan nilai - nilai kepahlawanan yakni keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih," ujarnya.

Kapolda menyampaikan, hal ini sangat penting untuk terus dikobarkan oleh para personil Kepolisian dan untuk digelorakan bersama sehingga akan memperkuat nilai- nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian terhadap NKRI Tercinta.

"Semoga semangat Pahlawan dan nilai kepahlawanan akan senantiasa mewarnai setiap langkah kita dalam melanjutkan perjuangan para Pahlawan," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Kaplda kepri membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita. Pemerintah Pusat meminta agar Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilaikepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan mengangkat Tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara," paparnya.

Andap melanjutkan, pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang, setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Oleh karenanya Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan yang mentransformasikan semangat Pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

"Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Editor: Dardani