Cegah Laka Laut, Dishub LH Anambas Imbau Pengguna Transportasi Laut Utamakan Keselamatan
Oleh : Alfredy Silalahi
Sabtu | 10-11-2018 | 09:28 WIB
petugas-dishub-anambas1.jpg honda-batam
Petugas Dishub Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Kabupaten Kepulauan Anambas tempatkan personil di pelabuhan untuk meninjau transportasi laut beroperasi memenuhi standar keselamatan berlayar.

"Kita sudah menempatkan personil secara bergantian di pelabuhan untuk memeriksa keselamatan berlayar. Kita juga sudah ingatkan para pengelola transportasi laut agar lebih memperhatikan keselamatan berlayar," ucap Kadis LH Anambas, Andi Agrial, Jumat (9/11/2018).

Andi mengakui, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kecelakaan laut. Pasalnya, dari keterangan kepolisian beberapa waktu lalu, yang menyebabkan kecelakaan laut yang menewaskan lima penumpang meninggal dunia yakni karena menabrak tumpukan sampah yang berada di laut.

"Kita ingin kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Namun kita harus melakukan pencegahan dengan mengutamakan keselamatan berlayar. Dan menyediakan pelampung (life jaket)," tegasnya.

Andi juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita sudah giat melakukan bersih-bersih di lingkungan bahkan membersihkan sampah di laut. Kita ingin jangan ada lagi masyarakat yang membuang sampah. Karena sampah tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga membahayakan," tegasnya.

Andi juga menyinggung, terkait sanski pembuangan sampah sembarangan, pihaknya masih menunggu Ranperda Persampahan yang digagas DPRD.

"Kita masih menunggu Perda sebagai acuan kita menerapkan sanski bagi orang yang membuang sampah sembarangan," tutupnya.

Editor: Yudha