PKP

Dubes AS Donovan Jr Ajak Siswa Jaga Ekosistem Laut Natuna
Oleh : Kalit
Kamis | 08-11-2018 | 12:52 WIB
donovan-sma1.jpg honda-batam
Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Donovan Jr saat kunjungan ke SMA 1 Bunguran Timur, Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - "Selamat pagi" ucap Dubes Amerika Serikat, Joseph R. Donovan Jr dengan logat Amerikanya saat bertemu siswa-siswi di SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Jalan Pramuka-Ranai, Kamis (8/11/2018). Dengan semangat, para siswa gabungan sekolah di Natuna menjawab, "Pagiii."

Donovan Jr dengan bantuan penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia saat pemberian kata sambutan melakukan sesi tanya jawab untuk menguji hasil pemutaran nonton bareng film 'A Plastic Ocean' kepada para siswa.

Film yang bercerita tentang bahaya sampah plastik di laut ini merupakan suatu pembelajaran untuk selalu menjaga ekosistem di laut, sehingga ikan dan terumbu karang dapat lestari. Sehingga mata rantai makanan untuk manusia tidak menjadi kendala.

Donovan juga mengajak para siswa ambil bagian untuk menjaga dan membudidayakan kelangsungan ikan di laut Natuna.

"Saya ingin belajar industri perikanan di Indonesia. Negara Amerika banyak membeli ikan dari Indonesia. Sementara banyak negara di Asia Tengara kini krisis ikannya akibat terlalu over penangkapan ikan dan ikan mereka habis," ungkapnya.

Untuk dunia pendidikan, Dubes Amerika ini mengajak para siswa di Natuna untuk sekolah di Amerika secara gratis melalui program kerja sama Amerika-Indonesia untuk bidang pendidikan.

"Setiap tahun ada pertukaran 100 siswa antara Amerika dan Indonesia. Saya harap siswa di Natuna ini dapat mengikutinya melalui program YES," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Natuna Hamid Rizal mengapresiasi kehadiran Donovan di Natuna, khususnya dalam mengentaskan permaslahan sampah plastik. Untuk mengatasi permasalahan sampah di laut, kata Hamid Rizal, dirinya segera merancang dan mengeluarkan peraturan daerah tentang pelarangan penggunaan plastik.

"Nanti jangan gunakan plastik lagi untuk kehidupan sehari-hari. Mari kita jaga laut kita dari sampah plastik," ujar Hamid.

Editor: Yudha