Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternak Sapi Berkeliaran, Warga Kecewa Kinerja Satpol PP Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 23-10-2018 | 15:52 WIB
sapi13.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sapi berkeliaran di jalan raya Daik Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Warga Daik Lingga mengaku kecewa dengan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Kabupaten Lingga yang tidak menegakkan peraturan daerah (Perda).

Kekecewaan tersebut akibat banyaknya perda yang telah dikeluarkan pemerintah daerah namun tidak ada tindakan penegakan. Seperti halnya Perda Nomor 26 Tahun 2011 tentang ketertiban, kebersihan dan keindahan lingkungan (K3) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karena sampai saat ini masih banyak berkeliaran hewan ternak sapi warga di jalanan umum.

Selain merusak keindahan karena menyisakan kotoran di jalan, hewan ternak juga merusak tanaman warga. Bahkan juga telah menyebabkan sejumlah kecelakaan hingga korban jiwa.

"Sampai saat ini, tidak ada satupun tindakan dari Satpol PP. Kita benar-benar kecewa," kata Rian salah seorang warga Daik kepada BATAMTODAY.COM.

Kekecewaan ini disampaikan Rian karena melihat masih saja banyak hewan ternak, sapi berkeliaran dijalan. Bahkan hampir menyebabkan salah satu pengendara hampir menabrak.

Sementara menanggapi hal ini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lingga, Said Rudi Fallo melalui Kepala Bidang (Kabid) Penegak Peraturan Daerah (Perda), Febrizal Taufik mengatakan bahwa untuk penertiban hewan ternak ini sendiri pihaknya baru melakukan sebatas himbauan dan peringatan kepada pemilik ternak.

Namun untuk penindakan lebih lanjut, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait agar tidak terjadi kesalahan prosedur.

"Rencana besok mau rapat musyawarah di Daik terkait hewan ternak. Menunggu Pak Camat pulang dari luar daerah," ujarnya.

Editor: Yudha