Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

CPNS Formasi Khusus Cum Laude dan Disabilitas di Pemko Tanjungpinang Sepi Peminat
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 16-10-2018 | 19:28 WIB
formasi-khusus.jpg Honda-Batam
Kepala BKPSDM Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan, dari 11 formasi khusus Cum laude dan disabilitas hingga saat ini masih minim peminat.

Sementara pelamar umum hingga saat ini telah mencapai 3.265 orang yang melamar formasi guru, tenaga medis dan tenaga teknis.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan pengumuman penerimaan CPNS Kota Tanjungpinang 2018 pada 17 September lalu, dari 237 kuota jumlah CPNS yang akan diterima Pemko Tanjungpinang, 11 di antaranya adalah kuota fromasi khusus, putra-putri lulusan terbaik dengan pujian (cum laude) dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta penyandang disabilitas.

Dari 11 orang kuota khusus CPNS itu, 9 formasi diperuntukan bagi putra-Putri lulusan terbaik dengan pujian (cum laude) dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri dan 2 orang diperuntukan bagi putra-putri penyandang disabilitas untuk ditempatkan sebagai guru.

Pendaftara cum laude direncakanakan akan mengisi formasi guru agama kristen ahli pratama 1 orang dengan pendidikan S1 Agama Kristen, guru agama islam ahli pratama, 1 orang dengan pendidikan S1 Agama Islam.

Guru bimbingan konseling ahli pratama 2 orang dengan pendidikan S1 Pendidikan Bimbingan dan Konseling, guru kelas ahli pratma 2 orang, dengan pendidikan S1 Guru Sekolah Dasar, guru matematika ahli pratama 1 orang denga pendidikan S1 Matematika, dan satu orang dokter ahli pratama dengan pendidikan S1 Dokter Umum.

Sedangkan formasi khusus penyandang disabilitas (Tuna Daksa dan Tuna Rungu) disediakan 2 orang dengan klasifikasi guru prakarya ahli pratama pendidikan S1 Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan dan guru seni budaya ahli pratama satu orang, dengan kwalifikasi pendidikan S1 Pendidikan Seni Musik, Seni Tari, Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan.

"Untuk fromasi khusus sebagaimana sebelumnya kuoatnya sudah diumumkan, sepertinya peminatnya sangat minim. Kendati memang kami belum verifikasi satu-persatu," ujar Tengku Dahlan, Selasa (16/10/2018).

Tengku Dahlan juga mengatakana, untuk mengetahui berapa jumlah total peminat formasi khusus tersebut, akan dilihat setelah pelaksanaan verifikasi administrasi selesai dilaksanakan.

"Secara detail, kami perlu memverfikasi administrasinya dulu, baru nanti ketahuan berapa peminat fromasi khusus ini seluruhnya," katanya.

Tengku juga mengakui, pengalokasiaan formasi khusus lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cum laude) sebesar 5 persen dari jumlah kuota fomasi CPNS Pemko Tanjungpinang, serta 1 persen fromasi penyandang disabilitas dari kuoata CPNS yang dibutuhkan merupakan Perintah Peremen PANRB nomor 36 tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018.

"Jumlah fromasi itu ada 11 orang, dari 237 kuota CPNS Pemko Tanjungpinang," tutupnya.

Editor: Gokli