Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disahkan November 2018, APBD Kepri 2019 Ditaksir Capai Rp3,2 Triliun
Oleh : Ismail
Selasa | 16-10-2018 | 18:40 WIB
sekda-apbd-19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah mulai membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) 2019. Hal tersebut merupakan upaya untuk mempercepat proses, sehingga target APBD 2019 akan selesai awal November mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah menyampaikan, saat ini pihaknya secara marathon melaksanakan pembahasan APBD 2019. Mulai dari pembahasan bersama Badan Anggaran DPRD Kepri dan penyesuaian dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kita bahas serta menyesuaikan pendapatan dengan perkiraan real yang memungkinan di 2019," ucapnya, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, berdasarkan yang disampaikan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepri, perkiraan sementara APBD murni 2019 sebesar Rp3,2 triliun.

Kendati demikian, pihaknya masih akan melakukan pembahasan bersama Banggar dan OPD. Di mana, para OPD yang memiliki potensi penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat menggali pendapatan lainnya guna mendongkrak APBD 2019 mendatang.

"APBD ini kan prediksi. Cuma dalam berjuang kita tetap upayakan. Untuk OPD penghasil silahkan menargetkan pendapatannya yang sesuai dengan kemampuan dan masuk akal," terang Arif.

Berdasarkan arahan Mendagri, lanjut Arif, diimbau kepada Pemerintah Daerah untuk mengesahkan APBD murni 2019 pada 3 November. Oleh karena itu, pihaknya tengah menggesa pembahasan APBD 2019 agar bisa diselesaikan tepat waktu.

Editor: Gokli