Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TMMD ke-103, Kodim Bintan Terjunkan Prajurit Majukan Desa Pengudang
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 15-10-2018 | 19:16 WIB
tmmd-103.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat bersalaman dengan prajurit Kodim 0315/Bintan yang akan melaksanakan TMMD ke-103 di Desa Pengundang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kodim 0315/Bintan kembali menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103. Untuk kali ini, TMMD berlangsung di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Bintan.

Dalam TMMD yang ke-103 ini, Kodim 0315/Bintan mengambil tema 'TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju'.

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun dalam upacara pembukaan TMMD menyampaikan, rasa terima kasih terhadap Kodim 0315/Bintan, di mana dengan adanya program tersebut dapat membuat desa menjadi lebih maju lagi.

"Semangat yang hendak dibangun dalam tema ini tidak berlebihan. Di mana saat ini desa menjadi ujung tombak pembangunan," ungkap Nurdin saat pembukaan TMMD di Desa Pengudang, Senin (15/10/2018).

Pada kesempatan itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa bukanlah semata membangun sarana fisik bagi masyarakat, tetapi juga membangun sumber daya manusia, mental dan semangat masyarakat.

Agenda TMMD merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

"Tujuanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, kepatuhan hukum pola hidup sehat dan gotong royong, sehingga terciptanya stabilitas keamanan dan situasi yang kondusif dan ketahanan dalam mencegah ancaman dan gangguan terwujudnya ketahanan nasional," kata Apri.

Perlu diketahui, bahwa TMMD ke-103 beberapa hari kedepannya dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober 2018 sampai 13 November 2018.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada personil TNI, di mana pelaksaaan TMMD ke-103 di Desa Pengudang telah banyak kegiatan baik fisik maupun non fisik. Kegiatan TNI bukan saja telah membuka jalan baru sepanjang 4 Km di kawasan Desa Pengudang. Para personil TNI juga kita ketahui berbaur dengan masyarakat setempat. Mereka, menginap langsung di rumah-rumah masyarakat yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD, khususnya di Desa Pengudang," ungkap Apri.

Selain kegiatan fisik pembukaan jalan sepanjang 4 Km, kegiatan TMMD ke-103 juga dilaksanakan kegiatan non fisiknya dalam bentuk pengobatan masal, dan pemeriksaan katarak gratis yang bekerjasama dengan SMECO. Tak hanya itu, ada kegiatan penyuluhan bela negara, penyuluhan agama, penyuluhan pertanian, penyuluhan perikanan dan lain sebagainya.

Editor: Gokli