PKP

Ngopi Bareng AJI Tanjungpinang

Mengawal Visi Misi Pemimpin Baru Tanjungpinang 5 Tahun ke Depan
Oleh : Ismail
Kamis | 11-10-2018 | 15:40 WIB
ngopi-aji-tpi1.jpg honda-batam
Ngopi Bareng Aji Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Kota Tanjungpinang menggelar Ngobrol Pagi (Ngopi) Bersama jajaran Pemko Tanjungpinang dan Pemprov Kepri di di Lantai 2 Kedai Kopi Batu 10, Kota Tanjungpinang, Kamis (11/10/2018) dari pukul 8.00 WIB-11.00 WIB.

Acara yang mengusung tema 'Mengawal Visi Misi Pemimpin Baru Tanjungpinang 5 Tahun ke Depan' ini dihadiri Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Anggota DPRD Tanjungpinang, Ade Angga, Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kepri, Syamsul Bahrum, Kasat Intelkam Polres Tanjungpinang, dan beberapa Kepala OPD Tanjungpinang serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi.

AJI mengupas tentang gambaran atau arah pembangunan daerah yang akan dicapai dalam 5 tahun ke depan sebagai komitmen dan janji kepala daerah terpilih. Ada 11 isu yang dibahas dalam acara ini.

Diantaranya peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan sektor pariwisata, perekonomian masyarakat, meningkatkan fasilitas umum seperti jalanan serta sarana prasarana pemerintahan, penanganan banjir, menekan angka kemiskinan, pengolahan lingkungan, pendidikan gratis, melobi APBN ke pemerintah pusat, meningkatkan peran RT/RW dan masyarakat dalam mendukung visi misi pemerintahan, dan transparansi dalam penggunaan keuangan daerah.

Sesuai visi misinya, Kepala daerah tepilih ingin mewujudkan Tanjungpinang sebagai kota maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmonis masyarakat madani.

Walikota Tanjungpinang, Syahrul dan Wawako Tanjungpinang, Rahma meminta waktu kepada seluruh pihak untuk merealisasikan visi misinya. Sebab baru 20 hari mereka menjabat sebagai kepala daerah terpilih. Pemko akan melakukan sosialisasi untuk mempertajam visi misinya kepada masyarakat.

Sektor pariwisata, Pemko Tanjungpinang akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mendapatkan bantuan APBN dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan kepariwisataan. Kemudian akan membenahi objek-objek pariwisata sejarah seperti Pulau Penyengat.

Selain itu juga Pemko Tanjungpinang akan berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal ke Ibukota Kepri ini. Khususnya meningkatkan lamanya wisatawan berkunjung.

Melalui sektor ini juga Pemko Tanjungpinang akan menggerakan pelaku usaha UMKM. Baik dibidang kuliner maupun oleh-oleh sehingga dengan kedatangan wisatawan perekonomian masyarakat juga ikut berdampak.

Sedangkan point lainnya akan direalisasikan melalui APBD 2019 mendatang. Seperti pendidikan gratis bagi siswa SD dan SMP akan diberlakukan pada masuk tahun ajaran baru. Begitu juga dengan fasilitas umum maupun sarana prasarana pemerintahan juga akan dibenahi secepatnya.

Khusus untuk SDM di instansi, Syahrul dan Rahma akan mengevaluasi selama 6 bulan kedepan sesuai aturan yang berlaku. Apabila pejabat Eselon II, III dan IV tidak mencapai kinerja yang baik maka mereka akan melakukan mutasi pastinya melalui open bidding.

"Kami baru 20 hari menjabat. Jadi kami minta masyarakat memberikan waktu. Begitu juga dengan rekan-rekan media, diminta peran sertanya dalam mendukung agar visi misinya bisa terealisasi," ujar Syahrul dan Rahma.

Editor: Yudha