Motivasi Mahasiswa ITEBA Lakukan Inovasi

Nurdin Sebut Demografi Kepri Jadi Modal Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 03-10-2018 | 18:41 WIB
iteba-mahasiswa-baru.jpg honda-batam
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat menghadiri Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana 2018/2019 Institut Teknologi Batam (ITEBA), di Tiban, Batam, Rabu (3/10/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun mengatakan, demografi dan kedekatan Provinsi Kepri dengan negara luar menjadi modal dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Hal ini ditekankan Gubernur Kepri untuk memotivasi mahasiswa dan tenaga pendidik di Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Pada kesempatan itu, Nurdin juga mengajak, seluruh komponen masyarakat Kepri untuk melakukan lompatan-lompatan dengan inovasi khususnya di bidang pendidikan. "Karena mereka yang melakukan inovasi tidak pernah menemukan jalan sempit," kata Nurdin, saat menghadiri Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana 2018/2019 Institut Teknologi Batam (ITEBA), di Tiban, Batam, Rabu (3/10/2018).

Untuk memajukan bangsa dan negara, kata Nurin lagi, tiada lain sangat tergantung pada peningkatan SDM, khususnya pendidikan. "Negara-negara Asia Timur, semua membangun pendidikan. Ini pondasi pembangunan yang mereka lakukan," katanya.

Pendidikan di Kepri, menurut Nurdin, merupakan sektor yang tidak dipandang sebelah mata. Alokasi 20 persen selalu ada di APBN dan APBD. Meski begitu, masih kurang untuk memajukan pendidikan.

Peran pemerintah, sebut Nurdin, sangat terbatas. Meski begitu, infrastruktur terus dikebut, kualitas dikejar semakin baik.

Menurut Nurdin, revolusi industri 4.0, bonus demografi 41 generasi negeri ini harus dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa. Pemanfaatan itu akan membuat negeri ini jadi pemenang. Negara-negara luar menjadi maju karena mereka membangun pendidikan.

"Potensi persaingan kita adalah untuk kemajuan. Mari duduk bersama sama bergandeng tangan, bahu membahu memajukan bangsa dan negara," ajak Nurdin.

Kepri, kata Nurdin, sangat menjanjikan dari segala aspek. Sumber daya manusia harus dikelola dengan baik sehingga menghasilkan yang baik juga.

Nurdin berpesan kepada mahasiswa yang baru untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan setiap kesempatan. Persaingan pasti berat, tetapi kalau menyiapkan diri sejak awal, pasti jadi pemenang.

"Saya yakin ITEBA akan jadi yang ternama dan terkenal di republik ini. Hari ini 81, ke depan akan belasan ribu mahasiswa di kampus ini," kata Nurdin.

Nurdin juga mengajak semua komponen masyarakat tak hanya menjadikan Batam sebagai kawasan industri dan wisata. Tetapi juga menjadi kota pendidikan karena ada di persimpangan yang strategis.

"Kita buktikan kita bisa. Kita bukan ekspor TKI tetapi tenaga terampil. 10-20 tahun mendatang, kita tinggal landas, kita pacu untuk terbang setinggi-tingginya untuk membawa kemenangan bangsa dan negara," kata Nurdin.

Pada Sidang Senat Terbuka Institute Teknologi Batam dalam ada 81 mahasiswa baru yang dilantik. Tampak hadir pada kesempatan itu mantan Menteri PANRB Asman Abnur, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto, Kepala LIPI Laksama Tri Handoko, Prof Joko Santoso dan Kadis Pendidikan Kepri Muhammad Dali.

Sebelum menghadiri acara pelantikan mahasiswa, Nurdin terlebih dahulu meninjau ruang praktik memasak. Tampak Nurdin ikut memotong beberapa sayuran untuk dimasak. Setelah dimasak, Nurdin tampak menikmati makanan restoran hasil praktik mahasiwa ITEBA.

Editor: Gokli