Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengukuhan Pengurus HMI Ibnu Sina

Amsakar Berharap HMI Batam Jadi Organisasi Mahasiswa Terbesar
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 27-09-2018 | 15:40 WIB
HMI-Batam1.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad mengukuhkan pengurus HMI Ibnu Sina. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ibnu Sina Batam gelar kuliah umum sempena dengan pelantikan pengurus HMI dan KOHATI Komisariat Ibnu Sina Periode 1440 H/2018-2019 M.

Pelantikan pengurus HMI mengangkat tema "Optimalisasi Perkaderan Sebagai Ikhtiar Komisariat Dalam Membaca Zaman" yang dihadiri Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad yang juga merupakan alumni dari Himpunan Mahasiswa Islam.

Diawali dengan pelantikan pengurus komisariat Ibnu Sina, dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan Wakil Wali Kota Batam.

Turut hadir dalam acara tersebut alumni HMI, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Batam Riama Manurung, Wakil Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Batam, Haryanto, Koordinator Presidium Kahmi Kota Batam, Akhirman.

Dalam kesempatan tersebut Amsakar menyampaikan HMI sebagai sebuah organisasi kader terbesar, tersegar, dan sistem perkaderan yang paling cantik. OKP yang memiliki sistem perkaderan yang sangat luar biasa adalah HMI.

"Sebagai organisasi kader, saya lebih ingin menggerakkan potensi mahasiswa komisariat Ibnu Sina agar lebih meningkatkan kapasitas dirinya karena dihadapan kita ini ada tantangan global yang butuh cara untuk disiasati," ujarnya.

Menurutnya hal yang perlu dilakukan, pertama bahwa bangsa ini memiliki siklus 20 tahunan perjalanan bangsa. dimulai dari 1908 ketika Budi Utomo, 1928 sumpah pemuda, 1945 kemerdekaan Indonesia, 1966 kemudian orde reformasi di mana dalam 20 tahunan ada puncak pencapaian tertinggi ada kontribusi generasi pemuda.

Amsakar menambahkan ingin HMI harus mengambil jalan dan peran tersebut. Pada sisi lain, Indonesia memiliki bonus demografi yang luar biasa sampai dengan 2030 - 2035 yang akan datang. Dengan estimasi 66% penduduk Indonesia merupakan penduduk usia produktif.

"Saya merasa besar, dan dibesarkan di HMI, harapannya kader-kader dapat membangun kesadaran kolektik untuk melakukan upaya-upaya konstruktif terutama dalam peningkatan kapasitas dirinya," lanjutnya.

Dalam kata sambutannya, Guntur Gumilang selaku Ketua Umum Komisariat Ibnu Sina periode 2018-2019 M menyampaikan sebagai organisasi kader, diharapkan HMI mampu menjadi alat perjuangan dalam mentransformasikan gagasan dan aksi dalam rumusan insan cita yang ingin dibangun dalam perkaderan khususnya pada tingkat komisariat.

"Yang belum mengikuti HMI silahkan tanya saya, saya kader HMI darah saya hijau hitam dalam menjalankan perkaderan di Batam, khususnya Ibnu Sina," ujar intstruktur HMI termuda di HMI Cabang Batam tersebut.

Antusias mahasiswa dan pemuda dari beberapa kampus dan okp yang hadir pada malam itu sangat tinggi, tercatat 348 peserta yang mengisi lembar absensi kehadiran, menjadikan ruang Aula Ibnusina sangat ramai dipenuhi oleh peserta acara.

Editor: Yudha