Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi 4 Pilar di SMA Global Plus 2 Batam

Dwi Ria Latifa Tekankan Pelajar Jangan Mudah Percaya Postingan Negatif di Medos
Oleh : Redaksi
Selasa | 11-09-2018 | 14:05 WIB
ria-4-pilar1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Global Plus Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Global National Plus 2 Batam, Senin (10/9/2018).

Dalam sosialisasi ini, Dwi Ria Latifa menerangkan, 4 Pilar Kebansaan terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD RI 1945 sebagai konstitusi negara, dan ketetapan MPR, Negara kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan.

Rizuki, siswa kelas X sekolah tersebut dengan bijak bertanya terkait kondisi carut marut yang terjadi saat ini. Bagaimana pelajar bertindak untuk mengatisipasi banyaknya paham yang ingin merubah ideologi bangsa, dan apa langkah pemerintah dengan maraknya informasi hoaks dan ujaran kebencian yang disebarkan melalui media sosial (medsos).

"Bagaimana bu, kami sebagai pelajar ini bertindak dan mengantisipasi banyaknya paham yang seakan ingin merubah ideologi bangsa? Apa langkah pemerintah dengan maraknya informasi hoaks dan ujaran kebencian melalui media sosial?" kata Rizuki.

Pertanyaan itu tentu saja membuat Dwi Latifa terkejut. Ia tidak menyangka anak SMA sudah memikirkan ke depan sekaligus menghawatirkan bangsa.

"Saya salut dengan pertanyaan yang disampaikan. Artinya siswa disini juga ikut prihatin dan ingin bersama-sama mengantisipasi paham radikal dan bijak menggunakan media sosial," ujarnya.

Dwi mengatakan, langkah pemerintah salah satunya melakukan sosiliassi kemaayarakat seperti yang tengah dilakukannya di wikayah Kepri. Pemerintah, tambah dia, tidak akan bisa mengantisipasi paham yang ingin merubah ideologi bangsa kalau tidak ada kekuatan bersama masyarakat.

"Termasuk kalian, para generasi muda yang akan meneruskan perjuangan negara ini. Pemerintah sudah semaksimal mungkin mencegah paham-paham oknum kelompok yang ingin merubah ideologi kita," sebutnya.

Terkait informasi Hoaks di media sosial, Dwi menyarankan pentingnya peran para pelajar untuk bersama mengimbau keluarga serta lingkungan tempat tinggal untuk tidak mudah percaya langsung pada informasi yang didapat alias hoaks.

"Kita jangan mudah terprovokasi terhadap postingan negatif yang mengarah pada ujaran kebencian. Kalian sebagai pelajar harus bijak menggunakan media sosial, gunakan untuk menambah pengetahuan tentang dunia pendidikan," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Dwi Ria Latifa membagikan buku 4 pilar kebangsaan kepada seluruh siswa x Global National Plus 2 Batam yang mengikuti sosialisasi.

Editor: Yudha