Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diizinkan Beroperasi, PT SSU Berikan Kuota 2 GB untuk Akses Internet ke Anambas
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 13-05-2018 | 17:04 WIB
PT_SSU-2GB_internet.jpg Honda-Batam
Penandatanganan MoU PT SSU dengan Pemkab Anambas yang disaksikan Perwakilan Kemenko Polhukam (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - PT Super System Ultima (SSU) resmi mengakuisisi aset PT Sacofa Sdn Bhd di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Perusahaan fiber optik itu dijadwalkan akan beroperasi pada Juni 2018 yang akan menghubungkan Indonesia (Batam), Singapura dan Malaysia (Mersing).

Pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta dengan Pemkab Anambas, PT SSU berjanji akan memberikan 2 GigaByte (GB) akses internet sebagai bentuk kontribusi kepada daerah.

"Selain itu kami akan membantu pelatihan tenaga IT bagi pemuda Anambas, revitalisasi fasilitas umum. Sebelum beroperasi Juni mendatang, kami sudah mempersiapkan kontribusi kepada daerah," Marshal Jahja, Direktur PT SSU kemarin.

Marshal mengakui, saat ini pihaknya sedang menghubungkan akses fiber optik dari Indonesia, Singapura dan Malaysia. "Rencana operasi Juni mendatang untuk tanggalnya belum pasti. Nanti kabel fiber optik akan melintasi Anambas dan Natuna untuk menghubungkan ke Malaysia,"jelasnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Abdul Haris berharap hadirnya PT SSU di Anambas dapat mempermudah akses komunikasi yang berguna bagi masyarakat Anambas.

"Harapan kami perusahaan ini bisa berjalan dengan baik. Untuk pekerja ada baiknya diambil dari daerah saja,"ujarnya.

Sementara itu Deputi IV Kementerian Koordinator bidang Polhukam, Djamaluddin menekankan agar hadirnya perusahaan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami berharap terjalin kerjsama antara Pemda dengan perusahaan, kami hanya sebatas mengawasi saja. Pemda juga tidak boleh meminta lebih kepada perusahaan apa yang sudah tertuang dalam MoU," tegasnya.

Editor: Surya