Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNP2TKI Gelar Razia, Tekong TKI Ilegal Kabur
Oleh : Ali/Dodo
Sabtu | 10-12-2011 | 17:12 WIB
TKI-Ilegal.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Para tekong (calo) yang biasa menyelundupkan Tenaga Kerja Indonesia secara ilegal ke luar negeri langsung kabur begitu melihat petugas gabungan dari BNP2TKI dan Mabes Polri menggelar razia di Bandara Hang Nadim, Sabtu (10/12/2011).

"Ketika kita lakukan pemeriksaan sejumlah TKI di dalam Bandara tadi, informasi dari calon TKI itu sendiri, agen-agen ilegal yang mengurus TKI ini langsung kabur," ujar  Kombes (pol) Yunarlim Munir, kepada wartawan. 

Dari pantauan batamtoday, terlihat ratusan calon TKI yang baru tiba di Bandara Hang Nadim, seolah tak bertuan danan hilang arah karena para tekong yang biasanya menjemput sudah tidak berada di tempat. Calon TKI ini kebingungan ketika diamankan BNP2TKI untuk diperiksa kelengkapan dokumennya berangkat ke negri jiran.

"Selanjutnya akan kita periksa kelengkapannya. Yang lengkap diberangkatkan, yang tidak akan diproses terlebih dahulu di Polda Kepri, selanjutnya kita pulangkan melalui anggaran negara yang telah tersedia untuk TKI ini," pungkasnya.