Usung Tema Cintai Produk Lokal, Bintan Resort Gelar Festival Akhir Tahun 2022
Oleh : Harjo
Kamis | 01-12-2022 | 17:24 WIB
Kasmarian1.jpg
Kegiatan Festival Akhir Tahun Bintan Resort sebelum Pandemi Covid-19. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Untuk memeriahkan pergantian tahun 2022, Kawasan wisata Bintan Resorts menyelenggarakan kembali Festival Akhir Tahun, setelah 2 tahun terhambat akibat pandemi.

Rangkaian kegiatan akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022 yang berpusat di Lagoi Bay, dengan mengusung konsep yang unik, yakni menggabungkan olahraga santai (KasmaRUN), musik, hiburan, bazaar kuliner dan ditutup dengan kemeriahan pesta kembang api sebagai tanda pergantian tahun.

Group General Meneger (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab menyampaikan kegiatan olahraga santai, Bintan KasmaRUN lari jarak pendek 5 kilometer sudah digelar sejak tahun 2015. Namun kali ini, KasmaRUN mengusung tema Local Pride atau Mencintai Produk Lokal, yang akan membawa para peserta lari mengenal dan mencintai produk lokal.

Hal ini tercermin dari penggunaan race pack yang di produksi oleh UMKM setempat, produk - produk sponsor lokal, penampilan hiburan dari performer yang ada di Pulau Bintan hingga bazaar kuliner lokal. Acara ini juga akan dilanjutkan dengan pergantian tahun baru dan ditutup dengan pertunjukan kembang api.

Peserta KasmaRUN 2022 akan mendapatkan T-Shirt, tote bag (hasil karya UMKM Bintan), BIB number dan masih banyak produk lainnya dari para sponsor, serta registrasi dapat dilakukan melalui platform www.loket.com. Tahun ini, panitia penyelenggara berharap dapat mencapai target 500 peserta untuk kegiatan KasmaRun dan setidaknya sekitar 3.000 pengunjung akan membanjiri lokasi rekreasi di Lagoi Bay pada malam pergantian tahun.

Bintan KasmaRUN tanggal 31 Desember 2022 akan diawali dengan senam zumba bersama, dilanjutkan dengan flag off lari 5 Km pada pukul 16.00 WIB. Peserta akan melalui rute pinggir danau yang dikelilingi dengan hutan yang hijau, asri serta air danau yang tenang dan berakhir di Pantai Lagoi Bay untuk menikmati acara hiburan hingga pergantian tahun. Peserta KasmaRUN akan ditantang untuk mengumpulkan 6 stiker secara lengkap di sepanjang rute lari untuk memenangkan hadiah doorprize.

"Setiap peserta juga kemudian akan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah Lucky Draw yang diundi di akhir acara lari santai tersebut," ujar Abdul Wahab.

Tidak hanya berlari santai, peserta juga ditantang dengan berbagai keseruan antara lain Photo Challenge atau berfoto dengan objek beberapa patung legenda diantaranya Patung Hang Tuah, Laksamana Cheng Ho, Gadjah Mada, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dan Sang Nila Utama yang berdiri megah di pinggir Danau Lagoi Bay.

Kemudian, foto tersebut di unggah di kanal media sosial Instagram masing - masing. Tiga peserta beruntung dengan voting terbanyak akan memenangkan
voucher belanja “Kampong Peranakan” yang ada di Lagoi Bay, masing-masing sebesar Rp 200.000.

"Kampong Peranakan sendiri merupakan sebuah pusat bazaar makanan khas peranakan oleh UMKM setempat yang dibuka pada bulan Juli tahun ini," terangnya.

Di akhir kegiatan KasmaRUN, berbagai acara hiburan dapat dinikmati oleh peserta dan pengunjung diantaranya Street Magician, Street Drum Performance, penampilan group band Roadroots dan DJ AnQ menjelang Countdown dan pesta kembang api menyambut tahun baru 2023.

Bintan KasmaRUN 2022 kali ini didukung berbagai sponsor, mulai dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, PT. Bintan Inti Industrial Estate, Bintan Resort Ferries, Safari Lagoi, Kalbe Nutritionals dengan produk Hydro Coco, Slim & Fit Cookie, Fitbar & HiC1000, Indofood, Bionesia Organic Food dengan produk MamaKoko, Telkomsel dan sponsor-sponsor lainnya.

Lebih jauh, kata Abdul Wahab pengelola kawasan wisata, PT BRC memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan tetap akan mengikuti aturan protokol kesehatan, oleh karena pandemi belum usai. Momentum pergantian tahun dan kesempatan untuk dapat melangsungkan sebuah kemeriahan festival akhir tahun ini, menjadi titik permulaan yang membawa harapan, bahwa kawasan wisata Bintan Resorts kembali bangkit dengan sejumlah kalendar event berskala internasional dan nasional di tahun 2023.

"Kita ingin memberikan suasana sukacita yang dapat dinikmati oleh masyarakat lokal dengan citarasa lokal melalui event KasmaRun dan perayaan pergantian tahun," tambahnya.

Berbagai kegiatan acara yang dilangsungkan di kawasan Bintan Resorts, tujuannya adalah untuk membangkitkan industri pariwisata, meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Pulau Bintan yang akhirnya berkontribusi pada peningkatan perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: Yudha