Warga Minta Pemkab Bintan Tinjau Ulang Izin PT KPB di Tanjunguban Utara
Oleh : Harjo
Sabtu | 15-06-2019 | 12:40 WIB
parit-sumbat.jpg
Imbas aktivitas PT KPB di Kampung Baru, Tanjunguban Utara. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Aktivitas PT Karya Putra Bintan (KPB) di Kampung Baru, Kelurahan Tanjunguban Utara dikeluhkan warga. Sebab, jalana kerap berlumbur akibat aktivitas perusahaan yang begerak di bidang pengembang itu.

Andre Sumantre, salah satu tokoh pemuda di Bintan Utara, menyampaikan, warga berharap agar Pemerintah Kabupaten Bintan meninjau ulang pemberian izin kepada PT KPB. Sebab, warga di sekitar lokasi aktivitas perusahaan merasa dirugikan.

"Karena dampaknya, menuai keluhan dari warga sekitarnya, jelas hal tersebut perlu dikaji kembali, apalagi kalau Pemkab Bintan sudah mengeluarkan izin. Kalau belum sama, rasanya tidak mungkin perusahaan tersebut berani melkukan aktivitas, terlepas kalau ada yang memiliki kepentingan lain," tegas Andre Sumantre, Sabtu (15/6/2019).

Intinya, kata Andre, warga minta kejelasan dan pertanggungjawaban dari pemerintah yang memiliki kapaitas terkait izin dan pihak perusahaan, karena dampak dari pekerjaannya terus dikeluhkan oleh masyarakat. Termasuk, ada salah satu fasilitas yang lain seperti batu miring yang sudah berubah posisinya.

"Kita tidak menghendaki, kalau ini dibiarkan berlarut, justru akan merugikan semua pihak. Terlepas kalau masih adanya sengketa lahan antara pengembang dan pemilik lahan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Cut Amelia memerintahkan pengembang perumahan PT Karya Putra Bintan, untuk membersihkan lumpur dan pasir yang memenuhi badan jalan. Pasalnya, lumpur yang sudah beberapa kali mengotori badan jalan berbahaya bagi pengendara.

"Sudah kita turunkan anggota, dan meminta secara langsung agar pihak developer membersihkan lumpur atau tanah yang memenuhi badan jalan. Karena itu sangat menganggu pengguna jalan dan warga sekitar perumahan," tegasnya.

Amelia mengatakan jangan sampai akibat tumpukan tanah di badan jalan, menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Kita juga mengimbau kepada pengendara untuk lebih berhati-hati saat melintasi jalan tersebut," harapnya.

Editor: Gokli