IdeaFest 2024 Dorong Kreativitas dan Kontribusi Ekonomi Kreatif Indonesia
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 27-09-2024 | 14:04 WIB
IdeaFest-2024.jpg
IdeaFest 2024 kembali hadir dengan tema "i", yang melambangkan ide, inovasi, integritas, dan inspirasi dari individu-individu kreatif. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Selama 13 tahun, IdeaFest konsisten menjadi platform utama yang mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Tahun ini, IdeaFest 2024 kembali hadir dengan tema "i", yang melambangkan ide, inovasi, integritas, dan inspirasi dari individu-individu kreatif. Acara yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 27 hingga 29 September 2024 ini menawarkan lebih dari 160 sesi diskusi, workshop, dan presentasi, serta menghadirkan lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional.

Sebagai festival yang telah menjadi bagian penting dalam budaya kreatif Indonesia, IdeaFest terus berperan sebagai katalisator bagi para pelaku industri kreatif untuk berkolaborasi dan mengembangkan ide-ide baru.

Co-Chair IdeaFest 2024, Ben Soebiakto, menyatakan bahwa festival ini berkomitmen untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang inklusif dan berdaya saing tinggi. "Festival ini memainkan peran penting dalam mendorong potensi pelaku ekonomi kreatif dan menghubungkan mereka dengan pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kontribusi sektor ini bagi kesejahteraan bangsa," ujarnya, dalam keterangan pers, Jumat (27/9/2024).

Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada tahun 2023, sektor ekonomi kreatif berhasil mencatatkan nilai tambah sebesar Rp 1.414,77 triliun, atau naik 7,25% dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh subsektor kreatif seperti fashion, kuliner, musik, dan film yang menjadi topik utama dalam berbagai sesi IdeaFest. Sub-sektor tersebut juga mampu menyerap tenaga kerja yang besar dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Nazira C Noer, salah satu Braintrust IdeaFest 2024, menekankan pentingnya kurasi konten yang mendalam untuk menciptakan sesi-sesi berkualitas yang relevan dengan perkembangan industri kreatif saat ini. "Tema 'i' merepresentasikan inovasi dan imajinasi, serta menciptakan solusi bagi tantangan industri kreatif," jelasnya.

Selama tiga hari, IdeaFest 2024 akan menyuguhkan program-program menarik seperti IdeaTalks, IdeaFest X, IdeaFriends Forum, hingga Experiential Expo. Salah satu yang menarik adalah kolaborasi dengan Semasa untuk menghadirkan Creative Market & Food Market, yang menampilkan lebih dari 225 brand lokal dari berbagai sektor.

Sebagai platform yang terus memperluas jaringan global, IdeaFest juga menghadirkan pembicara inspiratif yang telah sukses di panggung internasional. Para pembicara ini diharapkan dapat memfasilitasi kolaborasi lintas budaya dan membuka peluang baru bagi para pelaku industri kreatif Indonesia.

Fellexandro Ruby, seorang kreator dan kolaborator IdeaFest X, menyampaikan rasa antusiasnya terhadap program ini. "IdeaFest adalah wadah yang sempurna untuk mengembangkan talenta kreatif dan melangkah ke jenjang berikutnya dalam karier industri kreatif," ujarnya.

IdeaFest 2024 juga didukung oleh Bank Saqu sebagai Official Banking Partner serta Samsung Galaxy Tab S10 Series sebagai Official Tech Partner. Untuk informasi lebih lanjut mengenai rangkaian acara dan tiket, kunjungi situs resmi IdeaFest di www.ideafest.id atau ikuti akun media sosial @ideafestid.

Editor: Gokli