Mishbahuddin Resmi Jabat Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 31-08-2024 | 15:12 WIB
Misbahuddin-TPI.jpg
Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Mishbahuddin, usai sertijab, Sabtu (31/8/2024). (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang, menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut Kepala Lapas di Lapangan Takraw Lapas dari Maman Herwaman kepada Mishbahuddin, Sabtu (31/8/2024).

Acara dimulai dengan penampilan tari persembahan Dharma Wanita Lapas IIA Tanjungpinang, diikuti dengan penampilan Hadroh oleh pegawai Lapas dan warga binaan.

Serah terima jabatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram, serta sejumlah pejabat dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), instansi vertikal, dan mitra kerja Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, beserta para Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kepri.

Dalam sambutannya, Kepala Lapas yang baru, Mishbahuddin, menyatakan komitmennya untuk melanjutkan program-program yang sudah berjalan dengan baik serta melakukan evaluasi terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki.

Mishbahuddin juga menekankan pentingnya perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah terhadap kondisi bangunan lapas yang sudah berusia hampir 30 tahun, mengingat Lapas IIA Tanjungpinang menerima warga binaan dari berbagai wilayah, termasuk Batam.

"Bangunan ini sudah tua dan perlu perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk renovasi. Kita harus memastikan bangunan yang masih layak tetap digunakan, sementara yang membutuhkan perbaikan segera ditangani," ujar Mishbahuddin.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi program pembinaan yang telah berjalan, seperti pesantren di dalam lapas, yang dianggap penting dalam memberikan bekal kepada warga binaan agar siap kembali ke masyarakat. Mishbahuddin juga menegaskan komitmennya untuk terus memerangi masalah narkoba, mengingat pengalamannya sebagai Kepala Lapas Narkotika selama tiga tahun.

Ia menutup sambutannya dengan menyampaikan pentingnya peran media dalam mendukung transparansi dan keberhasilan program-program di lapas. "Tanpa bapak dan ibu-ibu dari media, apa yang kita lakukan tidak akan berarti," pungkasnya.

Editor: Gokli