Desa Pengudang Didorong Jadi Lokasi Pengembangan Wisata Halal
Oleh : Harjo
Sabtu | 09-09-2023 | 13:08 WIB
Ronny-Bintan1.jpg
Sekda Bintan, Ronny Kartika, dalam Forum group discussion (FGD) di Ruang Balai Desa Pengudang, Jumat (8/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Desa Pengudang didorong untuk menjadi salah satu lokasi pengembangan wisata halal di Kabupaten Bintan. Hal tersebut diketahui saat Forum group discussion (FGD) di Ruang Balai Desa Pengudang, Jumat (8/9/2023).

Sekda Bintan, Ronny Kartika yang hadir bersama Ketua DWP Bintan, Elyza Riani serta praktisi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Maritime Raja Ali Haji, Dr Lily Viruly, menjelaskan gagasan tersebut akan diimplementasikan serta dikaji secara lebih komprehensif.

"Pengembangan konsep wisata halal di Desa Pengudang tentu akan menawarkan konsep nuansa wisata baru. Nanti bisa di implementasikan melalui ketersediaan home stay rumah penduduk serta daya tarik kuliner tradisional lokal," ujarnya saat membuka forum diskusi.

Dikatakannya, konsep wisata halal merupakan konsep wisata yang moeslim friendly (ramah wisatawan muslim). Hal ini menurutnya sebuah branding yang pas untuk Desa Pengudang yang penduduknya mayoritas muslim.

"Desa Pengudang ini memiliki view pedesaan yang alami. Bahkan banyak wisatawan asing saat ini yang mau stay dari 2 hingga 8 hari namun  menginginkan konsep wisata seperti menikmati kuliner tradisional setempat, atau sekedar bersepeda menikmati keindahan panorama desa," tutupnya.

Editor: Gokli