Bjorka Menghilang bak Ditelan Bumi, Ada Apa?
Oleh : Redaksi
Rabu | 28-09-2022 | 08:04 WIB
A-HACKER-bjorka_(1)_jpg2.jpg
Tangkapan layar twitter @bjorkanesian. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bjorka hampir sudah tak terdengar lagi kabarnya. Padahal, Bjorka sempat menghebohkan jagat dunia maya Tanah Air.

Ocehan Bjorka terakhir kali terdeteksi pada Minggu (18/9/2022). Ketika itu, salah satu pengguna Breachforums bernama akun Emo mengklaim bertemu dengan Bjorka.

Emo mengungkapkan hal itu dalam sebuah utas di breached.to. "Jadi saya bertemu @bjorka hari ini," kata Emo di Breachforums.

Unggahan Emo ternyata dibalas oleh Bjorka. Ia mengaku senang bertemu dengannya. "Nice to meet you @emo," tulisnya.

Emo mengaku bertemu dengan Bjorka di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Padahal, Bjorka sempat mengaku berbasis di Warsawa, Polandia.

"Saya bertemu Bjorka di pusat perbelanjaan di LA kemarin. Saya memberitahu kepadanya, seberapa keren saya bisa bertemu dengan dia sebagai orang (asli) tapi sya tidak mau mengganggu dia dengan memintanya untuk berfoto bersama," ujar Emo.

Dua hari setelah mengaku bertemu Emo, Bjorka kembali aktif di kanal Telegram Bjorkanism. Ia menyindir akun-akun media sosial yang mengatasnamakan dirinya semisal di TikTok dan Twitter.

Tak hanya itu, ia hanya mengaku akan memberikan kejutan selanjutnya. "Sejak akun twitter saya yang terakhir ditangguhkan, sampai sekarang (20 September, red), saya tidak punya akun twitter lagi. Jadi, jika ada akun yang menggnakan nama saya, itu palsu," tulis Bjorka di kanal Telegram, Bjorkanism.

Bjorka menambahkan, dirinya tidak pernah memiliki akun Instagram atau Tiktok dan membuat video-video bodoh. Ia juga mengaku bakal menyiapkan kejutan.

"Saat ini, satu-satunya jalur komunikasi yang saya gunakan adalah telegram dan breached.to,"

"Akan ada kejutan segera," tulisnya lagi.

Seperti diketahui, Bjorka sebelumnya menghebohkan Indonesia dengan membocorkan data-data sejumlah pejabat. Ia mengaku melakukan hal itu lantaran demi sang teman yang diklaimnya berasal dari Indonesia.

"i have a good indonesian friend in warsaw, and he told me a lot about how messed up indonesia is. i did this for him (Saya punya teman orang Indonesia yang baik di warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. saya melakukan ini untuknya, red)," cetus dia.

Kemunculan Bjorka pun sempat dibalas oleh pemerintah. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengklaim pemerintah sudah mengantongi identitas Bjorka."Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud, Rabu (19/4/2022).

Di sisi lain, kepolisian pun sempat menangkap beberapa orang yang terkait dengan Bjorka. Salah satunya adalah MH (21) asal Madiun. Namun pihak kepolisian sudah memulangkan pemuda asal Desa Banjaransari Kulon tersebut.

Yang jelas, aksi Bjorka dianggap ikut mempercepat pengesahan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) menjadi Undang-undang. Anggapan itu meluncur dari pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi.

"Thanks to Bjorka, sehingga RUU PDP jadi disahkan segera," tulisnya via Twitter, Kamis (22/9/2022).

UU PDP sendiri disahkan pada Selasa (20/9) dalam sidang paripurna DPR. Sebagian warganet pun menganggap ada andil Bjorka dalam pengesahan ini.

"Kok pas momentumnya," ucap akun@RTifany18, mengomentari unggahan Ismail. Bahkan, akun@ayoo_berlibur berspekulasi,"apakah mungkin bjorka bagian dari ini?".

Namun demikian, spekulasi warganet itu dibantah Mahfud. Ia mengklaim, UU PDP sudah dibahas sangat panjang oleh pemerintah dan DPR RI selama dua tahun.

"UU PDP ini kan sudah lama ditunggu. Jadi itu tidak ada kaitannya dengan kebocoran data, karena ini jauh sebelum ribut-ribut soal Bjorka," kata Mahfud di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Sumber: cnnindonesia.com
Editor: Dardani